Rayakan HUT Ke-21, XL Axiata Songsong Transformasi Berkelanjutan

Teknisi-Pasang-Alat-di-BTS-XL-Axiata.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meraih hasil positif atas Agenda Transformasi 3R dicanangkan sejak 2015 lalu. Hasil tersebut tercermin dari meningkatnya kinerja perusahaan, terbukanya peluang-peluang bisnis baru di masa depan, serta semakin kuatnya fundamental perusahaan.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, ulang tahun ke-21 XL Axiata, 8 Oktober 2017, menjadi momentum tepat bagi perusahaan dipimpinnya bersama-sama melanjutkan agenda transformasi sudah berjalan sejauh ini dengan hasil efektif.

"Memang tidak mudah memulai tahap demi tahap transformasi ini, banyak hambatan dan rintangan yang harus dilalui, namun kini kami mulai mendapatkan hasil yang sepadan,” tuturnya, dalam rilis diterima RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 8 Oktober 2017. 

Baca Juga:

Ingin Paket Data, SMS Dan Telepon Gratis? Aktifkan XL PRIO Anda Segera

XL All Out Perbaiki Jaringan Demi Kenyamanan Pelanggan Saat Lebaran

Saat ini, jelasnya, memasuki tahun ketiga bagi XL Axiata menjalankan Transformasi 3R (Revamp, Rise dan Reinvent). Ini merupakan agenda sudah dilakukan awal 2015.

Urgensi pelaksanaan agenda transformasi untuk menjadi penyelenggara layanan data terkemuka karena di masa mendatang layanan data merupakan sumber pertumbuhan bisnis selular.

"Dengan demikian, XL Axiata dapat membangun bisnis lebih berkelanjutan di masa depan. Pertimbangan itu pula, maka agenda transformasi harus dijalankan XL Axiata jika ingin tetap mampu bersaing di industri telekomunikasi dan data yang semakin dinamis saat ini dan di masa mendatang” tegasnya. 

Hasil positif diraih XL Axiata menunjukkan tahapan-tahapan dilalui berjalan secara efektif. Sejak 2015 XL Axiata berfokus pada tahapan transformasi bisnis. Saat ini XL Axiata telah memasuki tahap transformasi Operating Model, antara lain mencakup organisasi dan cara bekerja berbeda di dalam perusahaan.

CEO XL Axiata


Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini

Tujuan utama, tuturnya, untuk berubah menjadi organisasi lebih berfokus kepada pelanggan (Customer Focused Organization). Dian menandaskan, semua kerja keras telah dijalankan sejak awal tranformasi telah berbuah positif dan mampu meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Dalam laporan kinerja Semester 1 2017, pelanggan XL Axiata lebih dari 50,5 juta, meningkat 15 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

"ARPU blended XL Axiata di kuartal 2 sebesar Rp 34 ribu, meningkat 3 persen dari kuartal sebelumnya. Pencapaian ini sejalan dengan agenda transformasi berfokus meraih pelanggan berkualitas sesuai sasaran sebagai bagian dari Agenda Transformasi," jelasnya. 
Transformasi berjalan sesuai rencana

Pada sisi jaringan, ujarnya, transformasi dijalankan XL Axiata telah mampu mendorong peningkatan kualitas jaringan data dan internet berkecepatan tinggi 4G LTE.

Hal tersebut dilakukan dengan penerapan teknologi dalam pengelolaan jaringan, serta dengan perluasan jaringan. XL Axiata hingga ke pelosok Indonesia, antara lain XL Axiata telah menerapkan teknologi mempermudah pengaturan kapasitas jaringan di suatu area disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan trafik pemakaian menggunakan Network Functions Virtualization (NFV).

Seiring dengan itu, pembangunan jaringan 4G LTE juga terus dilakukan hingga ke pelosok daerah. Ini sekaligus menunjukkan komitmen XL Axiata mendukung pembangunan nasional dengan menyediakan infrastruktur data sesuai program Indonesia Broadband Plan dicanangkan pemerintah.

"Hingga akhir Agustus 2017, secara nasional 338 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE, termasuk ratusan kota/kabupaten di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk layanan 3G, total kota sudah terlayani lebih dari 400 kota/kabupaten," pungkasnya. 

Klik Juga:

Asyik, XL Promo Gratis Router Wi-Fi. Begini Cara Dapatkannya

Dewan Komisaris Dan Direksi XL Dirombak, Berikut Ini Daftarnya! 

XL juga meluncurkan layanan internet roaming tanpa batas seharian di luar negeri dengan harga terjangkau melalui promo “Tarif Internet Seharian”. Program ini memungkinkan pelanggan kartu XL mendapatkan layanan akses data flat di luar negeri dengan tarif paling terjangkau Rp 14,999 seharian di 6 negara Asia.

Pada layanan paskabayar, XL Axiata terus memaksimalkan layanan XL PRIORITAS menawarkan layanan prioritas di sisi jaringan dan paket bundled data.

Hingga Semester 1 2017, pelanggan XL PRIORITAS terus meningkat hingga sekitar 650 ribu. Selain itu, untuk segmen masyarakat menengah atas, XL Axiata juga berhasil dengan inovasi program “XL Pass”, yang memungkinkan pelanggan selama di luar negeri dapat menggunakan data dengan memotong kuota paket internet HotRod atau Combo Xtra yang mereka miliki.

Selanjutnya layanan Mobile Broadband (MBB) sejak diluncurkan akhir 2016 terus meningkat seiring semakin meluasnya jaringan 4G LTE. Layanan ini menyasar ke pelanggan berbasis individu (XL Go), keluarga (XL Home), dan industri kecil menengah (XL Biz). Jumlah pelanggan layanan “XL Go” hingga Semester 1 2017 telah mencapai lebih dari 120 ribu pelanggan atau meningkat 284% dari awal tahun.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id