XL Ajak Awak Media Explore Pulau Bintan

Explore-Bintan-Bareng-XL.jpg

Laporan: DARA FITRIA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka merajut keakraban dengan awak media di Sumatera, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) West Region mEngundang sejumlah jurnalis untuk mengikuti penjelajahan ke Pulau Bintan. Acara ini berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat, 15 November hingga 17 November 2017 kemarin.

Pulau ini dipilih sebagai tujuan, tak lain karena Bintan merupakan destinasi wisata yang sedang booming di Sumatera. Selain itu, area ini merupakan salah satu wilayah yang menjadi fokus pengembangan jaringan XL Axiata.

Dalam acara yang dikemas dengan suasana kekeluargaan tersebut, XL Axiata mengajak awak media menjelajah Bintan.

Corporate Communication XL Axiata West Region, Bertrand Samuel F. Sinabariba mengatakan, Media Gathering merupakan agenda rutin setiap tahun yang digelar sebagai bentuk apresiasi XL Axiata kepada media yang selama ini telah mendukung program-program XL di 2017. Pencapaian yang diraih XL selama ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk rekan-rekan media.

"Kerja sama yang sinergi antara XL dengan media diharapkan akan terus terjalin lebih erat," katanya.

Bintan merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan mancanegara, karena sangat mudah dijangkau dari Singapura dan Malaysia. Setibanya di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, rombongan XL Media Gathering 2017 mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya kolam renang terbesar di Asia Tenggara, Treasure Bay Bintan, Hutan Mangrove yang terbelah oleh Sungei Sebung yang berkelok-kelok dan jernih.

Sungai sepanjang 6,8 kilometer ini memiliki sumber di danau di lereng bukit yang perairannya dikumpulkan dari hujan dan bukan dari tanah sebagai mata air.


* 2.500-an BTS XL Sudah Berdiri di Sumatera


SEMENTARA itu, General Manager XL Axiata area Sumatera Bagian Tengah Eka Dwidasa Kornia mengatakan, "Selama 2017 kita sudah meningkatkan perluasan cakupan area 3G dan 4G di Sumatera termasuk di Bintan. Dengan lebih dari 2500-an BTS 4G di Sumatera termasuk 4G di Bintan yang sudah on air. XL Axiata yakin bisa memenuhi kebutuhan layanan data masyarakat di Sumatera."

Ditambahkannya, sekitar 128 kabupaten/kota kini sudah bisa menggunakan layanan data dari XL Axiata. Batam, Tanjung Balai Karimun dan Bintan yang merupakan tiga pusat ekonomi di Kepulauan Riau sudah dapat merasakan internetan cepat dengan XL 4G LTE.

"Kita akan terus menambah jangkauan jaringan 4G di seluruh Sumatera demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat," ungkap Eka di sela kegiatan.

Eka memaparkan, di kuartal tiga tahun 2017, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 5 persen Quarter of Quarter (QoQ) dan 14 persen Year of Year (YoY). Pencapaian ini didorong dari pertumbuhan pendapatan Data yang tumbuh sebesar 11 persen QoQ atau 61 persen YoY.

Adapun kenaikan pendapatan layanan Data didorong dari adanya peningkatan yang signifikan dari produk layanan data yang inovatif dan didukung dengan jaringan data berkualitas tinggi.

Pendapatan layanan Data memberikan kontribusi sebesar 71 persen terhadap pendapatan jasa perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan ini adalah yang tertinggi secara industri.

Selama periode sembilan bulan di 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp16,926 triliun, meningkat sebesar 5 persen YoY, terdorong dari meningkatnya Service Revenue perusahaan sebesar 8 persen.

Dari sisi jumlah pelanggan, pada kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 2 juta pelanggan, sehingga secara total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 52.5 juta. Adapun ARPU secara kuartal juga meningkat, dengan rata-rata ARPU campuran sebesar Rp35.000.

"Kita akan terus meningkatkan perluasan jaringan di seluruh Sumatera baik 3G maupun 4G. Kini 71 persen pelanggan XL Axiata merupakan pengguna layanan data dan 70 persen pelanggan XL Axiata merupakan pengguna smartphone," terangnya.

Sementara itu, pada layanan pascabayar, XL Axiata juga terus memaksimalkan layanan XL PRIORITAS yang menawarkan beragam program menarik. Antara lain layanan yang bersifat prioritas hingga bundled data. Daya tarik XL Prioritas ada pada manfaat yang ditawarkan yaitu antara lain menggunakan jaringan 4G LTE yang diprioritaskan sehingga bisa menghadirkan akses data/internet yang lebih cepat dan stabil dibandingkan non XL Prioritas. Selain itu, ada juga fasilitas “worry free” untuk menelpon dan SMS ke semua operator dan “worry free” untuk layanan Data Roaming dengan tarif flat.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id