Plus Minus 5G Bakal Terungkap di MWC 2018

Jaringan-5G.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE - Munculnya 5G, generasi berikutnya teknologi seluler, hadir dengan berbagai janji. Mulai dari kehadiran kota cerdas, video streaming nirkabel, mobil swakemudi dan lompatan besar dalam kecepatan serta berbagai kehandalan.

Kabar baiknya adalah kita telah melihat demo yang membuktikannya keberhasilannya. Tapi kabar buruknya, tidak akan ada perangkat 5G pertama sampai akhir tahun ini dan kemungkinan akan datang dalam bentuk hotspot nirkabel.

Selain itu, ponsel dengan teknologi tersebut tidak muncul secepatnya sampai awal tahun depan. Sebelum 5G keluar ke permukaan, operator, pemerintah, produsen infrastruktur, pembuat chip dan organisasi yang dirancang untuk membawa mereka bersama-sama perlu melakukan negosiasi tentang kapan dan bagaimana hal itu akan mewujudkannya.

Mobile World Congress (MWC) yang akan digelar minggu depan di Barcelona akan menjadi ajang penjabaran soal teknologi ini. "MWC tahun lalu adalah hype-fest 5G, CES bulan lalu adalah hypeapolooza 5G dan hype 5G di MWC tahun ini akan lebih besar lagi," kata Chief Technology T-Mobile Neville Ray seperti dilansir laman Suara, Selasa 20 Februari 2018.

Ini adalah kesempatan untuk melihat perkembangan jaringan dan ponsel generasi berikutnya. Pikirkan aplikasi augmented dan virtual reality yang terintegrasi yang bekerja tanpa kabel atau sensor berdaya rendah yang bisa berjalan selama bertahun-tahun dengan sekali pengisian baterai.


Sementara Ben Wood, analis CCS Insight, memprediksi bahwa bisa ada pengumuman dari Google dan mitranya tentang platform ARCore-nya, teknologi kamera penginderaan 3D-nya. Area canggih seperti pajak ARCore dan VR, tapi juga jaringan, sesuatu yang akan diselesaikan 5G.

Tahun lalu di MWC, Qualcomm, Intel, Huawei dan para pemimpin industri lainnya berkumpul dan sepakat untuk mempercepat upaya menciptakan standar jaringan pertama, yang mereka diformalkan pada bulan Desember.

Di CES pada bulan Januari, CEO Qualcomm Stephen Mollenkopf mengatakan, 5G akan menjadi hal terbesar sejak hadirnya listrik. Layanan 5G di masa depan, lebih dari sekedar kecepatan, yang meliputi pembicaraan seputar spektrum dan aplikasi yang terkait dengan internet.

Korea dan Jepang berada di garis depan menggelar 5G, sementara Verizon menguji 5G sebagai layanan penggantian broadband tahun ini. Eropa akan lebih mengejar, setelah mengambil pendekatan yang lebih hati-hati.

"Meskipun ambisi tinggi Uni Eropa untuk kawasan ini berada di antara pengaturan kecepatan 5G, sebagian besar penyedia tetap fokus untuk memaksimalkan investasi signifikan mereka di 4G/LTE," kata analis CCS Insight Kester Mann.

Menurutnya, Eropa Barat mungkin terpaut satu sampai dua tahun dari pasar trailblazing seperti AS dan Korea Selatan.(2)