Berangsur Naik, Disbun Riau Tetapkan Harga TBS Riau Rp 3.118,26/kg

Tandan-Buah-Segar10.jpg
(investor.id/Gora Kunjana))


RIAUONLINE, PEKANBARU - Melalui hasil rapat penetapan yang digelar oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 18 hingga 24 Mei 2022 mengalami kenaikan.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Disbun Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan harga TBS untuk satu pekan ke depan ditetapkan naik sebesar Rp 170,68/kg atau mencapai 5,79% dari harga pekan lalu.

"Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp3.118,26/kg," ujar Defris, Rabu, 18 Mei 2022.

Dikatakan Defris, naiknya harga TBS ini disebabkan terjadinya kenaikkan harga jual CPO di dalam negeri dari perusahaan yang menjadi sumber data.

"Sementara untuk ekspor masih belum ada penjualan karena masih dalam pemberlakuan larangan eksport," tuturnya.


 

 

Dijelaskan Defris, untuk harga jual CPO, PTPN V menjual dengan harga Rp13.800,00. Sinar Mas Group menjual dengan harga Rp.13.485,00 dan PT. Asian Agri menjual dengan harga Rp13.592,27.

"Sedangkan untuk harga jual Kernel, Asian Agri Group melakukan penjualan dengan harga sebesar Rp8.157,27/kg," imbuhnya.

Tak hanya itu, Defris menambahka harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) juga mengalami kenaikan dibandingkan dengan minggu lalu. Hal ini dikarenakan penjualan CPO untuk pekan ini sudah dilakukan oleh 3 perusahaan.

"Sementara pada minggu lalu yang melakukan penjualan CPO hanya 1 perusahaan pasca kebijakan pelarangan ekspor CPO yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia," pungkasnya.