XL All Out Perbaiki Jaringan Demi Kenyamanan Pelanggan saat Lebaran

Menkominfo-Rudiantara-dan-XL.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINEJelang Hari Raya Idul Fitri, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memastikan kesiapan jaringannya guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat ingin merayakan hari libur keagamaan tersebut. 

 

Berbagai upaya persiapan sudah dilakukan oleh XL dipaparkan Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, di depan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara bersama BRTI dan media di pusat monitoring jaringan XL Axiata (Network Operation Center), Jakarta, Jumat 23 Juni 2017.

 

”Saat ini kami terus all out menyiapkan kesiapan jaringan kami. Ini merupakan rangkaian komitmen kami untuk menjaga kenyamanan berkomunikasi pelanggan selama periode Ramadan, dan Lebaran, termasuk selama mudik menuju kampung halamannya," kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya. 

 

Baca Juga: Ingin Akses Internet Cepat Di Rumah? XL Home Jawabannya

 

Banyak upaya telah dilakukan, di antaranya meningkatkan kapasitas jaringan, optimisasi, rebalancing, drive test di berbagai lokasi, serta penempatan berbagai perangkat pendukung seperti mobile BTS di berbagai lokasi menjadi sentra aktifitas mudik dan pusat-pusat keramaian.

 

"Selain itu kami juga secara massif terus melakukan perluasan jaringan 3G dan 4G sebanyak 7.000 BTS baru ke berbagai wilayah di Indonesia," jelasnya. 

 


Hingga tiga hari menjelang lebaran, tuturnya, mulai terlihat adanya perpindahan aktifitas komunikasi pelanggan dari wilayah Jabotabek ke berbagai lokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur.

 

Pelanggan yang berpindah dari Jabotabek tersebut sudah mencapai sekitar 1,5 juta  pelanggan, sehingga dampaknya jumlah pelanggan XL Axiata melakukan aktifitas komunikasi di Jawa Barat meningkat 12,5 persen, Jawa Tengah dan Yogyakarta 16 persen, Jawa Timur 13 persen.

 

"Peningkatan ini diperkirakan akan terus terjadi hingga periode tiga hari setelah lebaran. Selama periode mudik dan lebaran, trafik layanan XL diperkirakan mengalami kenaikan antara 20-30 persen untuk penggunaan layanan Data, serta 5 persen untuk layanan SMS dan percakapan," tuturnya.

 

Klik Juga: Asyik, XL Promo Gratis Router Wi-Fi. Begini Cara Dapatkannya
 

Penggunaan media sosial, jelasnya, menjadi aktiftas favorit bagi pelanggan data. Terlihat penggunaan media sosial mulai dari streaming Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApps Messenger dan Twitter sangat mendominasi trafik layanan XL Axiata dan diperkirakan akan semakin meningkat saat lebaran dan beberapa hari setelahnya.

 

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa.

 

Dengan penambahan kapasitas tersebut, jelasnya operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

 

"Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas," jelasnya. 

 

Hingga saat ini layanan XL 4G LTE XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 288 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesi, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline