Penjelasan 5 Bentuk Demokrasi yang Ada di Dunia

penyampaian-pendapat2.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Demokrasi secara umum berarti bentuk pemerintahan yang didalamnya kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat dan dilaksanakan secara langsung atau melalui wakil-wakil yang terpilih.

Demokrasi datang dalam berbagai bentuk aturan rakyat, saat ini konsep demokrasi umumnya dipahami dengan adanya elemen kekuasaan mayoritas dan dipenuhinya hak-hak individu maupun minoritas. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Global, Penjelasan 5 bentuk demokrasi yang ada di dunia, simak ulasannya berikut ini.

 

  1. Demokrasi liberal adalah pemerintahan yang ditandai dengan pilar kembar, yaitu adanya lembaga lembaga demokrasi misalnya pemilu, perwakilan legislatif dan sistem check and balance. Selain itu juga perlindungan demokrasi misalnya kebebasan pribadi dijamin oleh bill of rights di Amerika serikat. Demokrasi liberal biasanya dianut oleh negara ekonomi kapitalis yang menekankan pada hak milik pribadi. Pendekatan ini menekankan hak-hak individu atas kehendak terbesar dari seluruh rakyat.

 

 


  1. Demokrasi populis, menekankan pada pemerintahan yang mandiri oleh orang-orang bebas dan sederajat, melihat pemerintah sebagai ekspresi dari kehendak rakyat dan dengan demikian berusaha untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat. Hal ini dilakukan baik secara elektoral maupun dengan cara-cara nonelektrolit karena mengakui juga bahwa hasil pemilihan tidak selalu mencerminkan kehendak rakyat.
  2. Demokrasi perwakilan atau secara tidak langsung adalah bentuk pemerintahan di mana legislasi ditetapkan oleh wakil-wakil yang dipilih oleh rakyat. Bertolak belakang dengan demokrasi langsung dalam demokrasi perwakilan yaitu mayoritas mendelegasikan kekuatan mereka terhadap sekelompok kecil atau minoritas yang didominasikan untuk bertindak sesuai dengan kepentingan mereka. Minoritas ini dimandatkan untuk melakukan hal-hal tertentu, baik dalam menanggapi aspirasi atau keinginan dari mayoritas maupun kebijakan-kebijakan menurut penilaian mereka sendiri.
  3. Demokrasi langsung atau partisipatif adalah bentuk pemerintahan dimana warga negara itu sendiri membuat keputusan legislatif, bukannya mendelegasikan kekuasaan kepada wakil yang terpilih. Hal ini sering dianggap sebagai bentuk paling murni dari demokrasi. Referendum dan petisi, di mana semua pemilih dapat berpartisipasi adalah contoh pelaksanaan demokrasi langsung.
  4. Demokrasi sosial,didasarkan pada keyakinan bahwa kesetaraan ekonomi dan kesetaraan sosial dapat dicapai melalui kebijakan intervensi politik dari lembaga-lembaga demokratis dengan cara redistribusi kekayaan melalui sistem mixed market economy dalam sebuah welfare state.
  5. Demokrasi memiliki hubungan yang erat dengan konsep kewarganegaraan seperti debat yang terjadi dalam konsep demokrasi, warga negara juga merupakan suatu hal yang telah lama diperdebatkan sebagai contoh beberapa teori politik berpendapat bahwa warga negara yang baik adalah yang menampilkan kepercayaan dan ketaatan.

 

 

 

Ada pendapat juga menyatakan bahwa orang yang biasa tidak memiliki kapasitas dan pengetahuan sehingga harus bergantung pada pemimpin mereka untuk memecahkan suatu masalah.

Sekian informasi mengenai Global, Penjelasan 5 bentuk demokrasi yang ada di dunia. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.