9 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Liburan di Riau

Taman-Bunga-Okura.jpg
(Phinemo)

Laporan: Dwi Fatimah

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Libur lebaran menjadi salah satu momen berkumpul bersama keluarga. Apa lagi setelah dua tahun belakangan pemerintah melarang mudik saat lebaran.

 

Libur lebaran juga menjadi momen untuk mengunjungi banyak tempat wisata untuk melepas penat setelah bekerja.

 

Untuk yang mudik ke Riau, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat mudik:

 

1. Taman Rekreasi Alam Mayang

 

Berlokasi di Pekanbaru. Taman Rekreasi Alam Mayang menawarkan banyak wahana permainan yang pas dinikmati bersama keluarga.

 

Di taman ini juga kamu juga bisa bermain flying fox, memancing, bermain banana boat, bermain bola air raksasa, dan berkeliling di area danau dengan sepeda air serta banyak akitifitas seru lainnya.

 

2. Istana Siak

Istana siak menjadi salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi saat libur lebaran ini. Di istana ini kamu dapat kamu dapat melihat berbagai macam koleksi peninggalan keluarga sultan: Patung perunggu Ratu Wilhelmina yang berasal dari Belanda, gendang kuno yang sudah berusia lebih dari 200 tahun, patung Sultan Syarif Hasyim I, dan berbagai macam koleksi senjata milik Sultan.

 

3. Candi Muara Takus

Jika Anda ingin berwisata sejarah selain berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura, destinasi wisata yang satu ini perlu dipertimbangkan. Candi Muara Takus merupakan salah satu bentuk peninggalan umat Buddha di kawasan Riau.

 

Untuk dapat menikmati pemandangannya, Anda cukup berkunjung ke Desa Muara Takus Kecamatan Koto Kampar XIII, Kabupaten Kampar.


 

Salah satu daya tarik dari candi yang satu ini yakni material pembuatannya. Candi ini dibangun dari berbagai bahan seperti batu pasir, batu bata, hingga batu sungai.

 

4. Air Terjun Lubuk Bibau

Air terjun ini sering juga disebut Air terjun Pangkalan Kapas. Lokasi destinsi wisata alam ini ada di desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kamparkiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

 

Ternyata air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Riau  karena tingginya mencapai 130 meter . Selain itu air terjun ini pun masih alami.

 

5. Danau Raja

Dulunya danau ini adalah tempat pemandian keluarga Istana Indragiri. Konon, di dekat danau Raja, ada sebuah bangunan kerajaan di tengah aliran sungai Indragiri. Kamu bisa melihat sebuah bekas bangunan di tengah sungai saat debit air sungai kecil. Danau Raja ini ada di Kota Rengat, Riau.

 

6. Kebun Binatang Kasang Kulim

Kebun binatang yang punya luas 10 hektar ini punya beragam macam koleksi satwa yang bisa Kamu kenalkan sama anak-anak. Kebun binatang Kasang Kulim ini bisa Kamu tempuh selama 30 menit dari pusat kota.

 

Kamu juga cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 20 ribu untuk orang dewasa dan Rp. 10 ribu untuk anak-anak.

 

7. Labersa Waterpark dan Riau Fantasi

Ada dua wahana yang bisa Kamu nikmati saat datang ke sini. Wahana kering Kamu bisa mencoba beberapa macam permainan yang memacu adrenalin. Sedangkan di wahana air Kamu bisa berenang sepuasnya di sana. Destinasi ini terletak di Jalan Labersa dan sekitar 45 menit dari pusat kota.

 

8. Desa Okura

Desa Okura merupakan salah satu desa wisata yang menyajikan banyak keunikan khas dari Provinsi Riau.

 

Anda bersama orang-orang terdekat dapat berwisata alam sambil menyusuri sungai, bersepeda di antara pepohonan sagu, hingga berkuda di padang pasir.

 

Berbagai sajian kebudayaan tradisional pun juga dapat Anda nikmati di lokasi wisata yang satu ini.

 

 

9. Mesjid Agung An-Nur

Provinsi Riau juga memiliki area masjid agung yang begitu menarik dan sayang untuk dilewatkan. Banyak yang menyebut, Masjid Agung An Nur ini merupakan masjid yang termegah di Pekanbaru.

 

Tak hanya itu, desain bangunannya pun cukup unik dengan memadukan gaya Turki, India, Melayu, serta Arab. Hal ini membuat daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung untuk mengabadikan momen.

 

Masjid yang satu ini tak hanya banyak dikunjungi sebagai tempat ibadah suci bagi umat Islam. Namun, masjid ini pun juga menjadi kawasan yang ramai dengan berbagai sajian kuliner khas Pekanbaru hingga pakaian yang dijajakan para penjualnya dengan ramah.