Asap Karhutla Bikin Cemas, 10 Tanaman Ini Bantu Tangkal Polusi Udara

Peace-Lily.jpg
(Shutterstock)

Laporan: Winda Mayma Turnip 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) rawan terjadi ketika musim kemarau di Provinsi Riau. Dampak kebakaran tersebut menyebabkan asap menyelimuti kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Selain asap Karhutla, polusi udara juga dihasilkan oleh zat-zat berbahaya yang muncul dari kegiatan sehari-hari di rumah. Misalnya, penggunaan AC, parfum, pembusukan sampah, cat rumah, debu dan sebagainya.

 

Polusi udara sangat berbahaya bagi tubuh, terutama bagi paru-paru. Akibat polusi udara ini, tubuh bisa mengalami sesak nafas, asma, ISPA hingga kanker paru-paru.

 

Konon katanya, ada sejumlah tanaman yang bermanfaat untuk membersihkan udara. Tanaman-tanaman ini menjadi penangkal polusi udara karena kemampuannya menyerap zat-zat berbahaya tertentu sehingga sangat bermanfaat untuk ditanam dalam rumah atau pekarangan.

 

Berikut 10 tanaman penangkal polusi udara yang dirangkum oleh Riau Online. 

 

1. Peace Lily

 

Bunga Peace Lily memiliki daun lebar berwarna hijau tua dan kelopak bunga berwarna putih. Bunga ini bisa ditanam di tanah ataupun hidroponik. Tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

 

Para peneliti membuktikan bahwa tanaman ini mampu menyerap zat racun seperti uap aseton, benzena, karbon monoksida dan zat lainnya, serta mencegah pertumbuhan jamur dalam ruangan.

 

Sebagai penghias ruangan, tanaman Peace Lily yang bentuknya secantik namanya ini sudah tidak perlu dipertanyakan.

 

2. Lidah Mertua

 

Tanaman Lidah Mertua dapat menyaring karbondioksida (Co2) dan mengubahnya menjadi oksigen (O2). Tanaman ini juga menyerap zat-zat racun lainnya seperti benzena, xylene, dan toluene.

 

6 Tips Merawat Tanaman Lidah Mertua agar Tinggi dan Besar Halaman all -  Kompas.com

 

Lidah mertua/Shutterstock

 


Tanaman ini bisa tumbuh tinggi hingga hampir 2 meter, sehingga sangat cantik diletakkan di sudut rumah.

 

Tapi, jangan sampai tanaman ini dimakan oleh hewan peliharaan atau anak-anak ya. Karena tanaman ini memiliki efek racun bagi tubuh jika dikonsumsi.

 

3. Palem Bambu

 

Tanaman Palem Bambu sangat sangat populer ditanam di pekarangan rumah maupun di kantor-kantor di Kota Pekanbaru. Khasiat tanaman ini juga sangat baik untuk menyaring udara. 

 

Palem Bambu juga diklaim dapat menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Zat yang paling dibutuhkan oleh paru-paru mahkluk hidup untuk bernafas.

 

Berdasarkan berbagai sumber, berbagai jenis palem, seperti Palem Kuning, Palem Paris, Palem Norina dan lainnya juga baik meningkatkan kelembaban udara, menyerap Aseton, Xilena, Formaldehida dan Toluena.

 

Tanaman ini juga masih aman jika tak sengaja dimakan oleh hewan atau anak-anak.

 

4. Lidah Buaya

 

Tanaman yang sudah terkenal untuk menyuburkan rambut ini ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan udara. Tanaman ini mampu menyerap karbondioksida, karbondioksida, yang mengambang di dalam ruangan.

 

5. Aglaonema

 

Biar tanaman di rumah nggak monoton berwana hijau, tanaman aglaonema bisa jadi pilihan. Tanaman ini juga berkhasiat menyaring benzena dan formaldehida dari udara. 

 

6. English ivy

 

Tanaman merambat satu ini cocok digantung dalam pot dan tidak butuh penyiraman secara rutin. Kemampuannya menyerap karbonmonoksida dan menghilangkan jamur sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara di rumah.

 

7. Bunga Krisan

 

Tanaman dengan warna bunga beranekaragam ini menjadi pembersih udara yang menyerap zat berbahaya seperti xylene, ammonia, formalin dan benzene yang terdapat pada udara. 

 

8. Bunga lavender

 

Meski tidak disebutkan dapat menyerap zat beracun, sejumlah sumber menyebutkan bunga lavender dapat membantu meredakan gejala asma bronkial. Minyak esensial yang dihasilkan oleh tanaman ini bisa meredakan radang dan mengurangi produksi lendir berlebih.

 

Tanaman ini juga merupakan anti jamur candida albicans yang dapat menyebabkan penyakit kulit. 

 

Aromanya yang lembut juga sudah menjadi inspirasi berbagai produk pengharum ruangan dan parfum. Menanam tanaman ini, kamu bisa mendapatkan pengharum ruangan alami.

 

9. Pakis Boston

 

Datang dari jenis pakis-pakisan, Pakis Boston dikenal mampu menyerap sejumlah zat beracun dan menghasilkan oksigen. Tanaman ini bisa ditanam di luar ruangan ataupun di dalam rumah dengan intensitas cahaya rendah. Tanaman ini membutuhkan kelembapan media tumbuhnya tetap terjaga.

 

Pakis Boston diklaim membantu menghilangkan xylene, zat yang ditemukan dalam cat dan pernis. 

 

 

10. Spider Plant

 

Tanaman berbentuk daun-daun berwarna hijau dan putih yang menjuntai ini disebutkan mampu menghilangkan polusi di udara seperti formaldehida dan karbon monoksida. Tanaman ini cocok diletakkan dimana saja untuk mempercantik ruangan, baik digantung, di lantai ataupun di atas perabotan lainnya.