Sosialisasi dan 5 Faktor Pembentukan Kepribadian

kepribadian.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sosialisasi adalah proses dimana seseorang atau anggota baru dalam suatu kelompok belajar mengenai cara hidup suatu masyarakat. Sosialisasi sebagai proses belajar kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial.

Kepribadian merupakan kumpulan kebiasaan, sifat, sikap dan ide-ide dari seorang individu yang berpola dan berkaitan secara eksternal dengan peran dan status secara internal dengan motivasi dan tujuan pribadi dari berbagai aspek.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Mental health, Sosialisasi dan 5 faktor pembentukan kepribadian, simak ulasannya berikut ini.

Proses Sosialisasi

Hal yang dipelajari dalam proses sosialisasi adalah bagaimana seseorang berperan sesuai dengan nilai, kebiasaan dan norma yang berlaku dalam masyarakat atau kelompoknya.

 

Dalam sosiologi, istilah kepribadian dikenal dengan sebutan diri. Sosialisasi bertujuan membentuk diri seseorang agar dapat bertindak dan berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang dianut oleh masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Menurut Mead, ada tiga tahap perkembangan diri manusia sebagai berikut.

  • Play stage

Pada tahap ini seorang anak belajar beberapa peran yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya. Iya mulai meniru peran yang berinteraksi dengannya. Pada tahap ini anak-anak belum mengerti akan strategi dan tidak menyadari aturan serta objek permainan.

  • Game stage

Pada tahap ini, seorang anak mulai menyadari objek permainan. Pada tahap ini anak mulai mengetahui peran pihak lain yang berinteraksi dengannya. Pada tahap ini, kemampuan anak untuk menempatkan diri pada posisi orang lain mulai meningkat sehingga memungkinkan adanya kemampuan bermain secara bersama-sama.

  • Generalized others

Terdiri dari harapan harapan masyarakat atas diri seseorang yang tertuang dalam bentuk norma masyarakat. Dalam tahap ini, seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat karena telah memahami perannya dan peran orang lain.

Mental health, Sosialisasi dan 5 faktor pembentukan kepribadian

Konsep diri seseorang berkembang melalui interaksi dengan orang lain. Diri seseorang adalah produk sosial yaitu produk dari interaksi sosial. Pembentukan diri seseorang dengan cermin yang berbentuk melalui tiga tahap sebagai berikut:


  • Seseorang membayangkan bagaimana perilaku atau tindakan yang tampak bagi orang lain.
  • Seseorang melainkan bagaimana orang lain menilai perilaku atau tindakan itu.
  • Seseorang membangun konsepsi diri berdasarkan aspek penilaian orang lain terhadap dirinya itu.

Faktor-faktor pembentuk kepribadian sebagai berikut.

 

Pihak-pihak yang melaksanakan sosialisasi disebut sebagai agen atau media sosialisasi. 4 agen sosialisasi utama yang melaksanakan proses sosialisasi utama yaitu keluarga, kelompok sebaya atau sepermainan, sekolah, dan media massa.

Sekian informasi mengenai Mental health, Sosialisasi dan 5 faktor pembentukan kepribadian. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.