Lebaran Makan Enak, 7 Tips Ampuh Turunkan Kadar Kolestrol

makan-buah.jpg
(Shutterstock)

Laporan: Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Saat lebaran kita menyajikan banyak makanan untuk disantap bersama keluarga. Makanan seperti opor ayam, rendang, lontong dan semur daging pasti tersaji di meja makan. Namun perlu diketahui, makanan lezat tersebut mengandung lemak dan kolestrol yang mengancam kesehatan.

 

Apa lagi setelah sebulan penuh berpuasa, kita biasanya ingin ‘balas dendam’ makan sepuasnya saat lebaran.

 

Makanan berdaging dan bersantan jika dimakan berlebihan dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh yang pada akhirnya meningkatkan resiko penyakit jantung.

 

Selain minum obat-obatan sesuai anjiran dokter, Ada beberapa cara alami menurunkan kolestrol yang bisa kamu coba. Berikut tips menurunkan kolestrol setelah lebaran:

 

1. Perbanyak makan sayur dan buah

 

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolestrol jahat, kamu disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

 

 

 

2. Konsumsi makanan yang kaya omega-3

 

Makanan kaya omega-3dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

 

3. Pilih makanan rendah lemak

 


Pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah untuk menurunkan kolestrol. Kamu bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

 

4. Konsumsi makanan dan minuman mengandung serat larut

 

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, kamu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

 

Agar lebih praktis, kamu juga dapat mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

 

5. Berolahraga secara teratur

 

Selain mengatur pola makan, kamu juga disarankan untuk rutin berolahraga Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

 

 

 

6. Berhenti merokok

 

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku.

 

7. Kontrol berat badan

 

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, kamu disarankan menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, demi menurunkan kolesterol.