Yuk Pahami 3 Struktur Teks Debat

berdebat.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Debat adalah pembahasan mengenai isu tertentu dengan cara bertukar pendapat yang disertai dengan alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Debat merupakan media penyampaian pendapat berupa bahan-bahan atau dukungan yang disertai alasan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Sosiologi, Yuk pahami 3 struktur teks debat, simak ulasannya berikut ini.

Debat dapat dilakukan antara dua pihak atau lebih, baik perseorangan maupun kelompok. Debat umumnya dilakukan secara langsung melalui komunikasi lisan, seperti debat antara anggota dewan di DPR, debat calon presiden, debat calon kepala daerah atau debat para ahli dalam bidang tertentu yang disiarkan secara langsung di televisi. Debat juga dapat dilakukan melalui tulisan di surat kabar yang lazim disebut polemik.

 

Bahkan saat ini hampir setiap hari kita sering menyaksikan perdebatan yang secara terbuka terjadi di media sosial. Pada dasarnya, dalam perdebatan terdapat isu yang diperdebatkan, pendapat pro kontra dan argumen yang menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang masing-masing. Berikut adalah struktur teks debat.

Isu

Isu adalah topik perdebatan atau permasalahan yang diperdebatkan atau disebut juga mosi. Isu merupakan bagian pengantar dari teks debat.


Argumen

Argumen adalah alasan yang digunakan untuk mendukung atau menolak pendapat. Dalam perdebatan, terdapat dua kubu yang beroposisi atau berseberangan. Untuk mempertahankan pendapatnya mereka mengemukakan alasan-alasan berdasarkan sudut pandangnya masing-masing.

 

 

Simpulan

Simpulan adalah pendapat akhir berdasarkan uraian sebelumnya. Kesimpulan berisi pernyataan yang menegaskan penolakan atau dukungan. Simpulan merupakan bagian akhir dari teks debat.

Sekian informasi mengenai Sosiologi, Yuk pahami 3 struktur teks debat. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.