5 Rekomendasi Pantai Cantik di Dumai, Ada yang Cocok Jadi Lokasi Prewedding

Pantai-Koneng.jpg
(Aditya Saputra/dtraveler))

Laporan: Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Dumai menjadi salah satu kota tersibuk yang ada di Provinsi Riau. Selain menjadi kawasan industri, Kota Dumai juga menjadi pilihan destinasi wisata untuk menikmati pantai.

 

Kota penghasil minyak ini, juga memiliki potensi akan pesona alamnya yang tak kalah menakjubkan sama seperti kawasan Riau lainnya. Mayoritasnya, destinasi wisata di Dumai banyak di dominasi dengan destinasi wisata alam, khususnya pantai.

 

Kota Dumai hanya berjarak sekitar 200KM dari Pekanbaru. Apa lagi saat ini Dumai dan Pekanbaru sudah melewati akses jalan tol untuk mempersingkat waktu tempuh.

 

Berikut rekomendasi pantai yang ada di Dumai yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Dumai:

 

1. Pantai Koneng

 

Menikmati pemandangan di kawasan Pantai Koneng pastinya dapat membuat perasaan menjadi damai. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih kekuningan yang sangat luas.

 

Posisi pantai ini sebenarnya terletak pada daratan yang menjorok ke arah laut, atau juga disebut sebagai tanjung. Hal ini, membuat bentuk Pantai Koneng menjadi lebih unik. Ditambah, pemandangannya yang sungguh menyejukkan hati dan pikiran Anda.

 

Pasirnya terlihat putih dan bersih, dan diantaranya terdapat banyak kerang-kerang yang cantik. Di tepian pantai juga banyak terdapat batuan karang berukuran besar-besar dan menambah eksotisme pemandangan pantai Koneng.

 

Di sekitar pantai, terdapat ribuan pohon kelapa yang berjajar rapi membentuk sebuah pagar alam. Adanya pohon kelapa tersebut, menambah kesan rindang suasana sekitar pantai. Semakin teduh, ditambah dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

 

Keindahan alami Pantai Koneng, membuat pantai ini seringkali dijadikan tempat untuk berswafoto oleh banyak orang. Bahkan, ketika berkunjung ke tempat ini sesekali Anda akan menemukan pasangan calon pengantin yang sedang melakukan pemotretan prewedding.

 

Tempat ini memang cocok dijadikan sebagai latar belakang foto prewedding. Ombaknya yang cukup ramah, ditambah dengan pemandangan sekitar pantai yang indah akan mempercantik foto Anda.

 

2. Pantai Teluk Makmur


 

Ketika mengunjungi pantai ini, sejauh mata Anda memandang hanya akan menemukan lukisan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Garis-garis di pantai ini banyak dipenuhi dengan bebatuan besar di pinggirnya yang sering dihantam ombak.

 

Batuan ini memang sengaja disusun di kawasan pinggir pantai, sebagai pagar pantai dan untuk memecah ombak agar sampai ke daratan tidak terlalu tinggi. Namun, batuan ini juga menambah daya tarik tersendiri disini.

 

Pantai Teluk Makmur menjadi salah satu pantai yang ramah anak. Kedalaman airnya hanya setinggi mata kaki orang dewasa saja. Sehingga, anak-anak dapat berenang di pantai ini dengan tenang dan aman.

 

Hanya saja, pada saat laut menjadi pasang ombaknya akan naik hingga terkadang dapat menggerus daratan. Karena itulah, batuan besar di sekitar pinggiran pantai itu berfungsi. Selebihnya, si kecil akan merasa sangat aman untuk berenang ataupun bermain di pantai ini.

 

3. Pantai Purnama

 

Jika biasanya pantai identik dengan hamparan pasir putih yang luas, berbeda dengan kawasan Pantai Purnama. Awalnya, pantai ini merupakan sebuah kawasan perkebunan kelapa milik warga setempat.

 

Selain hanya digunakan sebagai kawasan perkebunan kelapa sawit, dulunya tempat ini juga hanya dijadikan sebagai dermaga untuk bersandarnya kapal-kapal nelayan. Namun, belakangan tempat ini banyak menarik wisatawan, sehingga dikelola menjadi objek wisata.

 

Pantai ini merupakan jenis pantai berlumpur yang sudah ditata dan dirapikan sedemikian rupa oleh pengelola pantai setempat. Masyarakat sekitar berbondong-bondong untuk memperbaiki dan mengelola pantai ini.

 

Tidak hanya dirapikan, mereka juga membuat pondok-pondok yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat. Sesekali, pondok tersebut juga dijadikan sebagai panggung pentas untuk anak muda di sekitar pantai yang ingin menunjukkan aksi dan atraksinya.

 

4. Pantai Marina Indah Puak

 

Pantai Marina Indah Puak menjadi destinasi wisata pantai selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi ketika singgah ke Dumai. Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemui dataran luas berpasir dengan garis pantai yang dipenuhi dengan batuan berukuran besar.

 

Batuan ini tersusun rapi di sepanjang garis pantai untuk menghalau ombak yang terlalu keras. Selain itu, batuan ini juga dapat menahan ombak agar tidak terjadi abrasi yang dapat menerjang.

 

Bagi Anda yang suka menikmati untuk menghabiskan liburan di pantai, rasanya sangat tepat untuk berkunjung kesini. Pantai ini memiliki lanskap panorama yang sangat indah dan cantik.

 

Tidak hanya itu saja, para wisatawan juga bisa dimanjakan dengan berbagai fasilitas dan wahana menarik yang disediakan oleh pengelola pantai ini. Diantaranya. Adalah wahana permainan air yang tidak hanya seru, namun juga dapat menantang adrenalin pemainnya.

 

5. Pantai Akasia Indah Guntung

 

Pantai ini memang tergolong baru ditemukan oleh masyarakat sekitar, sehingga masih terdengar cukup asing. Meski demikian, pantai ini memiliki panorama yang tak kalah cantiknya dengan pantai di daerah Dumai lainnya.

 

Seperti pantai kebanyakan, Pantai Akasia Indah Guntung juga memiliki pemandangan khas pantai berupa hamparan pasir putih yang luas, serta gulungan ombak yang menenangkan. Hembusan angin dan kicauan burung akan menyempurnakan suasana.

 

 

 

 

Seringkali Anda akan menemukan anak-anak yang sedang asyik bermain di kawasan pantai ini. Air pantai yang segar dan juga suasana sejuk dari angin yang berhembus akan menjadikan aktivitas berenang disini menjadi menyenangkan.

 

Dari kejauhan, Anda juga dapat melihat kapal nelayan yang sedang berlayar mencari ikan. Pemandangan ini semakin terlihat manis, dan mampu menyegarkan pikiran setelah lama bekerja dan merasa mulai penat.