ASN Pemko Pekanbaru Iuran untuk Penanganan Covid-19, Terkumpul Ratusan Juta

uang7.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kumpulan uang untuk penanggulangan Covid-19. Total donasi yang terkumpul sudah Rp 314 juta.

"Alhamdulillah, dari laporan yang kita terima, total donasi yang terkumpul sebesar Rp314 juta," ungkap Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Mas Irba Sulaiman, Jumat 29 Mei 2020.

Donasi ratusan juta tersebut, kata Irba, juga bersumber dari sumbangan gaji Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat Cahyadi selama 3 bulan.

"Ini juga bukti kepedulian dari bapak walikota, wakil walikota dan ASN untuk bersama-sama berjuang melawan covid. Alhamdulillah, perjuangan kita tidak sia-sia, terbukti saat ini Kota Pekanbaru sudah berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19," ucapnya.

Disampaikan Irba, donasi yang sudah terkumpul diperuntukkan guna membeli Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis khususnya paramedis di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Kota Pekanbaru.

"Kemudian juga untuk membeli masker, hand sanitizer, sarung tangan serta vitamin dan keperluan lain untuk pencegahan dan penanganan covid," ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Syoffaizal menyebut, dari total donasi Rp314 juta tersebut, sebanyak Rp100 juta di antaranya sudah diserahkan kepada Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Azwan.

"Rp50 juta diserahkan tanggal 10 April, dan Rp50 juta lagi tanggal 23 April. Jadi total donasi yang sudah diserahkan per 29 Mei 2020 sudah Rp100 juta," urainya.

Saat ini, terang Syoffaizal, total donasi ASN yang terkumpul di BPKAD tersisa sebesar Rp214 juta. "Kalau ada permintaan dari Gugus Tugas maka langsung kita cairkan," tutup mantan Asisten I Setdakab Kuansing ini. (kominfo)