Untuk Kader PDIP di Sumbar, Ini Pesan dari Megawati

megawati-soekarnoputri4.jpg
(Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat berpidato di acara Rakernas ke-2 PDI Perjuangan di Sekolah Partai PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan,(Tangkap Layar YouTube PDI Perjuangan))


RIAU ONLINE - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menitipkan pesan kepada Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto untuk disampaikan saat kader partai se-Sumatera Barat (Sumbar) di Kota Padang, Sabtu, 2 Juli 2022 malam.

Kegiatan itu dihadiri ratusa pengurus dan kader PDIP Sumbar yang dipimpin ketua Alex Indra Lukman. Hadir pula kader PDIP yang juga Bupati Dharmasyara, Sultan Riska Tuanku Kerajaan.

"Sebelum berangkat ke sini, saya tadi menghadap ke Bu Mega. Bu Mega sampaikan salam kepada saudara sekalian, seluruh kader PDI Perjuangan di Sumatera Barat, dari pengurus DPD, DPC, ranting, hingga satgas partai," kata Hasto dalam siaran pers, hari ini, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 3 Juli 2022.

Megawati menyampaikan bahwa semua kader pasti mengalami banyak tantangan di Sumatera Barat ini.

"Tapi Ibu Mega bilang anda tak sendiri. Karena kita adalah kesatuan kekuatan kebangsaan yang menyatu dari Aceh hingga Papua, menyatu di bawah panji-panji Nasionalis Soekarnois yang menjadikan rakyat sebagai inti kekuatan Partai," ujarnya.

Hasto mengatakan, semua pempimpin lahir dari proses ujuan, termasuk para kader partai. Bahkan sebagai bangsa, Indonesia mengalami gemblengan dan ditempa oleh revolusi.

"Bung Karno dan Bung Hatta saja dibuang di masa penjajahan. Namun ketika mengalami hambatan, pemimpin takkan pernah hilang api perjuangannya," tuturnya.

Hasto lalu memberi teladan dari Bung Karno, bagaimana saat pembuangan di Bengkulu, mengalami bagaimana susahnya kultur yang ada. Namun Bung Karno tak berhenti dan akhirnya memenangkan hati rakyat.


"Apa yang dilakukan Bung Karno dan Bung Hatta adalah kualitas seorang pemimpin yang tak berhenti bergerak di tengah kondisi apapun," kata Hasto.

Hasto juga menceritakan teladan kerja keras dari Ketua Umum Megawati. Di jaman Orde Baru, Megawati bergerak ke rakyat di bawah intaian mata-mata rezim.

"Layaknya tower telepon, apa yang dilakukan Bu Mega dengan keliling Indonesia melantik koordinator kecamatan, bagaikan memasang banyak tower signal. Hampir di seluruh Indonesia. Sehingga akhirnya di 1999 menjadi parpol pemenang pemilu," ujarnya.

Intinya, kata Hasto, berpolitik itu adalah bergerak ke rakyat bukan elite, sebagaimana yang dilakukan Soekarno dan Megawati.

Menurutnya, kader PDIP harus mencari ide-ide baru untuk menembus barrier agar semakin dekat dengan rakyat.

"Idea over opinion. Itu yang pertama," ujarnya.

Kedua adalah imajinasi yang inheren (berhubungan erat) dengan kepentingan partai.

Ketiga adalah spirit juang. Kata Hasto, untuk mencapai ide dan imajinasi itu, harus dengan spirit juang untuk mencapai tahapan-tahapan yang menang harus dilewati.

Dia menambahkan spirit akan melahirkan tekad yang akan melahirkan tindakan strategis.

Tanpa anda sadari, kalau itu anda lakukan, maka anda akan mencapainya, ucap Hasto.

"Kenali kondisi masyarakat Sumatera Barat dengan tradisi Islam yang begitu kuat. Pahami itu dan bergerak ke bawah, dan selami kehidupan rakyat. Ketika semua dilakukan dengan niat baik, maka rakyat pasti akan menerima kita. Dengan pergerakan seperti itu, Partai meyakini bisa memenangkan pemilu tiga kali berturut-turut. Kekuatan kita kalau disatukan akan menjadi kekuatan dahsyat," kata dia