Inilah Amalan-amalan di Hari Jumat

Amalan-Hari-Jumat.jpg
(Internet)

RIAUONLINE -   Hari Jumat merupakan hari yang mulia, dan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia memuliakannya. Keutamaan yang besar tersebut menuntut umat Islam untuk mempelajari petunjuk Rasulullah dan sahabatnya, bagaimana seharusnya msenyambut hari tersebut agar amal kita tidak sia-sia dan mendapatkan pahala dari Allah.

 

Keutamaan Hari Jumat

 

1. Hari paling utama di dunia

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW berkata:

 

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum’at; pada hari ini Adam q diciptakan, pada hari ini (Adam Alaihissalam) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari ini. (HR Muslim, No. 854)

 

Dalam riwayat Aus bin Aus Radhiyallahu ‘anhu dengan lafal:

 

“Sesungguhnya seutama-utama hari kalian adalah hari Jum’at ; pada hari ini Adam Alaihissalam diciptakan, pada hari ini pula ia dimatikan, pada hari ini ditiupkan sangkakala (tanda kiamat), dan pada hari ini pula hari kebangkitan,". (HR Abu Dawud, no. 1047; An Nasa’I, no. 1374 dan Ibnu Majah, no. 1085)

 

2. Hari bagi Kaum Muslimin

 

Hari Jumat adalah hari berkumpulnya umat Muhammad SAW dalam masjid-masjid mereka yang besar untuk mengikuti Salat dan sebelumnya mendengarkan dua khutbah Jumat yang berisi wasiat takwa dan nasehat-nasehat, serta doa.

 

Dari Kuzhaifah dan Rabi’i bin Harrasy RA bahwa Rasulullah SAW berkata, Allah telah menyesatkan orang-orang sebelum kita dari hari Jumat, maka umat Yahudi memperoleh hari Sabtu, umat Nasrani memperoleh hari Ahad. Lalu Allah mendatangkan kita dan memberi kita hidayah untuk memperoleh hari Jum’at. Maka Allah menjadikan hari Jum’at, Sabtu dan Ahad, dan mereka (umat sebelum kita) berada di belakang kita pada hari kiamat. Kita datang paling akhir di dunia, tetapi paling awal datang di hari kiamat yang telah ditetapkan untuk mereka sebelum diciptakan seluruh makhluk” [HR Muslim, no. 856]

 

Bahkan hari Jumat adalah hari rayanya kaum muslimin. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Wahai kaum muslimin, sesungguhnya saat ini (yaitu hari jum’at) adalah hari yang dijadikan oleh Allah sebagai hari raya untuk kalian. Maka mandilah dan hendaklah kalian bersiwak” (HR Thabraniy dalam Mu’jam Ash-Shaghir, dan dinilai shahiih oleh Syaikh Al-Albani)

 

3. Salat Paling Utama di Sisi Allah adalah Salat Subuh di Hari Jumat dengan berjamaah

 

“Sesungguhnya seafdhal-afdhal shalat disisi Allah, adalah shalat shubuh di hari jum’at dengan berjama’ah” (HR Abu Nu’aym, dishahihkan al Albani rahimahullah dalam Silsilatul Ahaadits Shahiihah, no.1566 (4/91) dan Shahiih Jaami’ ash-Shaghir no.1999.)

 


4. Waktu Mustajab Berdoa 

 

Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW menyebut hari Jumat lalu Nabi Muhammad SAW bersabda, “Di hari jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.(HR. Bukhari Muslim)

 

5. Dosa-dosanya diampuni antara Jumat dengan Jumat Sebelumnya

 

Dari Salman Al-Farisi RA mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, 

 

“Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari)

 

Amalan-Amalan disyariatkan pada Hari Jumat

 

1. Memperbanyak shalawat

 

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Perbanyaklah shalawat kepadaku setiap hari jum’at karena shalawatnya umatku akan dipersembahkan untukku pada hari jum’at, maka barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dia akan paling dekat derajatnya denganku.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

 

2. Membaca surat Al Kahfi

 

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at akan diberikan cahaya baginya diantara dua jum’at.” (HR. Al Hakim dan Baihaqi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

 

3. Memperbanyak doa 

 

4. Amalan-amalan Salat Jumat (wajib bagi laki-laki)

- Mandi, bersiwak, dan memakai wangi-wangian. 
- Berpagi-pagi menuju tempat shalat jum’at.
- Diam mendengarkan khatib berkhutbah.
- Memakai pakaian yang terbaik.
- Melakukan shalat sunnah selama imam belum naik ke atas mimbar.

 

Sumber : muslimah.or.id