Status Medsosnya Dianggap SARA, Ini Profil Rektor ITK, Profesor Budi Santoso

Budi-Santosa-Purwokartiko.jpg
(Kominfo Jatim)

RIAU ONLINE, BALIKPAPAN-Nama Profesor Budi Santosa Purwokartiko mendadak viral karena tulisannya di facebook.

Tulisan sosok guru besar sekaligus rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) itu diperbincangkan publik lantaran dinilai memuat unsur rasisme dan islamofobia.

Salah satu bagian dari tulisannya yang diunggah melalui status Facebook pribadinya pada Rabu (27/04/2022) menyinggung soal perbandingan mahasiswa yang sempat ia wawancarai untuk seleksi beasiswa dengan mahasiswa yang kerap membahas soal kehidupan setelah mati dan menggunakan istilah-istilah Islami.

"Tidak bicara soal langit atau kehidupan sesudah mati. Pilihan kata2nya juga jauh dari kata2 langit:insaallah, barakallah, syiar, qadarullah, dsb.," tulis Prof. Budi Santosa melalui akun Facebook pribadinya.

Prof Budi Santoso Buka Suara Soal Status FB, Dirut LPDP: Ada Kode Etik,  Kami Tetap Evaluasi Posisinya - Kalbar Terkini

Rektor ITK, Profesor Budi Santoso

 

Tak tanggung-tanggung ia juga menggunakan istilah 'penutup kepala manusia gurun' yang ia muat dalam tulisannya.


"Jadi 12 mahasiswi yang saya wawancarai, tidak satu pun menutup kepala ala manusia gurun.," lanjut Budi Santosa dalam tulisannya.

Sontak, publik mulai bertanya-tanya, siapakah sosok Prof. Budi Santosa Purwokartiko sebenarnya? Simak profilnya berikut.

Profil Rektor ITK Professor Budi Santosa Purwokartiko

Professor Budi Santosa Purwokartiko menjabat sebagai rektor ITK yang menekuni disiplin ilmu bidang teknik industri.

Sosok guru besar tersebut dilahirkan di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Klaten pada 12 Mei 1969 silam.

Riwayat pendidikan

Ia menempuh pendidikan dalam disiplin ilmu yang ia tekuni di jurusan teknik industri Institut Teknologi Bandung dan berhasil lulus pada 1992.

Sosok guru besar tersebut juga belajar di luar negeri. Ia merupakan tamatan University of Oklahoma, Amerika Serikat dan memperoleh gelar Master dan Doktor di perguruan tinggi tersebut.

Budi Santosa dilantik sebagai guru besar di ITS dalam bidang teknik industri.

Perjalanan karier

Selain menjadi akademisi di ITK, Budi Santosa Purwokartiko pernah mengajar di Institut Teknik Sepuluh November (ITS) Surabaya sebagai dosen teknik industri. Spesialisasinya ada pada bidang data mining, optimasi dan metaheuristik.

Ia menjabat sebagai rektor ITK selama dua periode, yakni 2014-2018 dan 2018-2022 dikutip dari suara.com

Tak hanya aktif sebagai akademisi, ia juga turut andil dalam program beasiswa LPDP sebagai pewawancara Departemen Keuangan dari 2013 silam.

Ia juga pernah berkontribusi sebagai Anggota Tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Dirjen Kelembagaan Dikti yang ia emban sejak 2015.