Salat Jumat Perdana di Islamic Centre Diikuti Dua Ribu Lebih Jamaah

jamaah-islamic.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Islamic Centre di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya sudah berfungsi, Jumat 14 Januari 2022.

Ada sekitar 2.500 jemaah mengikuti salat Jumat untuk pertama kali di Masjid Paripurna Agung Al Firdaus. Kebanyakan para jemaah merupakan pegawai di lingkungan pemerintah kota.

Ada juga sejumlah masyarakat yang berkesempatan untuk salat Jumat perdana di masjid tersebut. Ketua MUI Kota Pekanbaru, Akbarizan menjadi khatib dalam salat Jumat perdana di masjid tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyebut, masjid ini mulai berfungsi.

"Alhamdulillah tadi ramai, antusias para ASN dan masyarakat yang ikut salat," ujarnya.


Menurutnya, keberadaan masjid ini juga menambah semangat imam dan jemaah di lingkungan komplek perkantoran. Di sana sudah ada imam dan pengurus masjid sehingga aktivitas salat lima waktu bisa dilakukan. "InsyaAllah nanti akan didatangi masyarakat ramai," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edwar Riansyah menyebut, pembangunan Islamic Centre berlanjut tahun 2022 ini.

Pembangunan tahun ini fokus pada penyempurnaan fisik yang meliputi, lanskap depan Islamic Centre, areal parkir dan turap. Anggaran lanjutan pembangunan Islamic Centre berkisar Rp 10 Miliar.

"Ada pengerjaan sejumlah bagian lanskap dari Islamic Centre juga belum tuntas.
Pengerjaan turap kawasan itu juga baru berlanjut pada tahun ini," terangnya.

Anggaran juga meliputi bangunan sekolah di areal Islamic Centre dan lanskap bersama penyempurnaan dari fisik bangunan tersebut.
Kawasan itu nantinya juga menjadi tempat pendidikan.

Pembangunan Islamic Centre sudah memasuki tahap 4 pada tahun 2021 lalu. Total anggaran untuk pembangunan Islamic Centre sudah mencapai Rp 100 miliar.