5 Sifat Atasan Yang Pantas Jadi Panutan

Calon-Bos.jpg
(Shutterstock)

RIAUONLINE - Tidak semua atasan bisa menjadi bos yang baik untuk karyawannya. Tapi, jika Anda ingin menjadi atasan yang baik di perusahaan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Tentu yang pertama harus terbuka dan mendengar setiap masukan karyawan. Dan yang paling penting, jadilah atasan yang tidak mengekang mereka, tapi mendidik mereka untuk maju.

Mengutip Times of India, ada lima kebiasaan yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi atasan yang baik.

1. Punya Antusias Tinggi

Jika Anda memiliki pekerjaan yang membosankan, maka itu akan berdampak negatif pada karyawan Anda. Atasan yang baik pada umumnya punya rasa antusias yang tinggi. Maka dari itu, jika atasan punya kinerja dan produktivitas yang mumpuni, itu bisa menular secara positif kepada bawahannya.

2. Ambil Tanggung Jawab


Atasan yang baik bukan hanya mendiamkan karyawannya, tetapi juga selalu ambil inisiatif dan tanggung jawab terhadap perusahaannya. Jika Anda ingin menjadi atasan yang baik, mulai sekarang terapkan rasa tanggung jawab Anda. Selain itu, yang perlu diingat adalah jangan menyuruh bawahan tanpa ikut berkontribusi.

3. Punya Sikap Optimis

Jika ingin menjadi atasan yang baik, yang harus Anda pegang adalah sikap optimis. Tentunya, seorang atasan yang baik akan selalu menunjukkan wajah bahagianya, apalagi jika terkait pekerjaan proyek yang telah dilakukan bersama timn.

4. Beri Contoh yang Baik

Seorang atasan yang baik tentu tidak menutup dirinya karena merasa punya jabatan tinggi. Tetapi, atasan yang baik akan memberikan contoh yang baik serta memberikan ilmu kepada karyawannya.

Jadi, ketika seorang atasan menjelaskan hal yang dilakukan terhadap pekerjaannya, otomatis karyawan akan tertarik saat Anda menyampaikan sesuatu yang baru kepada mereka.

5. Hormati Karyawan

Setiap manusia tentu berbeda, begitu juga karyawan di perusahaan, sudah pasti punya kemampuannya masing-masing. Dan untuk menjadi atasan yang baik, Anda harus bisa menghormati karyawan.

Di atas segalanya, kemanusiaan sangat penting, meski mereka adalah karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com