Kiat Sukses Pembibitan Jernang, 7 Hari Sudah Berkecambah

kecambah.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Direktur Program Yayasan HutanRiau, Melki Rumania mengatakan sejak 2016 lalu sudah melakukan pendampingan kepada petani jernang di Kuansing, Riau.

Ia menceritakan, hasil pendamping petani selama ini membuahkan hasil melalui eksperimen yang dilakukan petani, akhirnya selama tujuh hari pembibitan Jernang sudah tumbuh kecambah.

"Di masyarakat sendiri, alhamdulillah sudah mulai bagus. Awalnya masyarakat itu membibitkan pecah kecambah dari biji keluar kecambah itu delapan bulan. Setelah berbagai perlakuan, tiga bulan, satu bulan terakhir satu minggu sudah bisa keluar kecambah," Melki, Rabu, 24 Februari 2021 kepada RiauOnline.

Pihaknya selaku pendamping, selalu mendorong dan mengarahkan petani Jernang agar hasil pembibitan bisa optimal dengan pertumbuhan yang baik dan cepat.

"Jadi, kita mencoba mendorong masyarakat untuk bereksperimen, melakukan riset secara partisipatif dan mandiri, serta mendokumentasikan, perlakuannya, hasil gimana, ini gimana. Akhirnya dapatlah perlakuan optimal," pungkasnya.


Sebelumnya, Direktur Program Yayasan HutanRiau, Melki Rumania menyampaikan sebaran jenis-jenis tumbuhan jernang yang ada di Provinsi Riau.

Melki juga menceritakan, sebutan berbagai macam jenis-jenis jernang yang ada di daerah perbatasan dengan Provinsi Riau

"Kalau di Riau itu yang memang kita jumpa tumbuh alami untuk di Kuansing itu ada dua jenis yaitu pertama jernang jantung dan yang kedua kalau disana (Kuansing) bilangnya jernang beruk," jelas Melki, Rabu, 24 Februari 2021 kepada RiauOnline

Namun di daerah Indragiri Hulu (Inhu) disebut sebagai jernang kelukup, orang Jambi selain bilang jernang kelukup disebut juga jernang burung.

"Jadi jernang kelukup, burung, atau jernang beruk itu sama. Nah, untuk jernang jantung sebarannya kalau di Riau hanya ada di sebagian Kuansing dan Inhu terutama dearah yang berbatasan dengan Sumatera Barat (Sumbar) dan Jambi hanya spesifik disana," ungkapnya

Sementara itu, untuk jernang beruk hanya ada di kawasan hutan."Jernang beruk burung mulai dair inhu sampai ke kuansing kampar, rohul yang sebagian masih berada dikawasan hutan," pungkasnya.