Siak Dominasi Kasus Positif Covid-19 Riau, Mayoritas Klaster Perusahaan

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Temuan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Siak mendominasi jumlah tambahan kasus di Riau. Setidaknya dari 68 kasus tambahan positif, 53 diantaranya merupakan kasus temuan di Kabupaten Siak.

Bahkan 37 kasus terkonfirmasi positif covid-19 diantaranya merupakan klaster salah satu perusahaan di Siak. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Mimi Yuliani Nazir kepada Riau Online, Kamis (13/8/2020) malam.

Dikatakannya, banyaknya jumlah temuan kasus di Siak merupakan hasil tracing terhadap kasus terkonfirmasi positif covid-19 pada pasien sebelumnya. Dari tracing tersebut, terdapat 16 kasus non klaster.

"Melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi positif di Siak merupakan hasil tracing yang dilakukan Satgas. Hampir semua kasus terkonfirmasi positif covid-19 merupakan hasil penelusuran dari kontak erat pasien sebelumnya," ujar Mimi.

Mimi mencontohkan kontak erat dari kasus positif ke-563 tuan AJ (57) warga Siak. Dari hasil tracing kembali ditemukan tiga kasus terkonfirmasi positif covid-19 karena memiliki kontak erat dengannya. Ketiga pasien tersebut yaitu nyonya S (29), nyonya S (50) dan tuan S (42), ketiganya merupakan warga Siak.

Sementara itu dari 37 kasus tambahan klaster perusahaan terdapat 7 pasien anak-anak dan remaja. Bahkan dua dianyanya berusia 6 dan 3 tahun. Kedua pasien anak-anak tersebut yaitu KPL (3) dan JAJ (6), keduanya berjenis kelamin perempuan.