Modus Ban Bocor, Kernet Angkutan Umum Copet Penumpangnya

tsk-copet.jpg
(istimewa)

Laporan: Aulia Roni Tuah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Polsek Sukajadi menangkap pencopet di angkutan umum yang terjadi pada Sabtu 11 April 2020 pada pukul 17.00 wib di Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

Pencopet tersebut merupakan seorang kernet berinisial RP berumur 28 tahun. Kasubag Humas Polresta Pekanbaru, Budhia Dianda mengatakan, kejadian bermula saat korban hendak diturunkan ke salah satu mesjid.

"Saat itu Korban berencana berangkat menuju Ke Kota Jakarta Sekira pukul 17.00 wib korban menaiki oplet warna hijau tua dari Jalan HR. Soebrantas Kecamatan Tampan, Pekanbaru, dan mengatakan kepada sopir tujuan korban mencari masjid," Jelasnya.

Saat di dalam mobil kata Budhia, Kernet mengarahkan korban untuk pindah tempat duduk.

"Saat di dalam oplet pelapor diarahkan oleh kernet untuk pindah duduk dengan alasan ban kempes, kemudian kernet mencari-cari dongkrak di bawah kaki korban," Ungkapnya.

Setelah sampai mesjid disekitaran Jalan Soekarno Hatta - Jalan Arifin Ahmad, Korban baru menyadari tas yang di bawanya telah robek, dan barang-barang bawaannya telah hilang. Atas kejadian tersebut, korban dirugikan sekitar enam juta rupiah.

"Sopir dan kernet menyuruh korban turun dan mengatakan masjid sudah dekat, Setelah turun dari oplet, pelapor lihat tas pelapor sudah robek, dua unit Handphon masing-masing merek Xiaomi warna pink dan Oppo warna putih serta Dompet warna coklat berisikan uang tiga juta rupiah dan KTP telah hilang," katanya.

Setelah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sukajadi, tim Buser Reskrim berhasil mengungkap kasus dalam waktu lima jam, dan mengamankan pelaku dan barang bukti di Jalan Rajawali Kecamatan Sukajadi.

"Sekira pukul 19.00 wib berdasarkan keterangan korban mengenai ciri-ciri pelaku dan kendaraan yang digunakan oleh pelaku, Kapolsek Sukajadi Akp A Gani perintahkan Kanit Reskrim Iptu Abdul Halim berhasil mengamankan tersangka," Tutup Budhia.