2000 Paket APD Bantuan dari Kemenkes Belum Dikirim ke Riau

mimi.jpg
(hasbullah)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih menunggu bantuan 2.000 paket Alat Pelindung Diri (APD) bantuan dari Kementerian Kesehatan RI. Sejauh ini, Pemprov Riau baru menerima 40 paket APD dari pemerintah pusat. Bantuan APD tersebut sudah disalurkan ke tiga rumah sakit rujukan Covid-19 yang ditunjuk Kementerian Kesehatan.

"Yang 40 paket sudah kita distribusikan ke tiga rumah sakit rujukan yang ditunjuk kementerian. Sedangkan yang 2.000 lagi kita menunggu kiriman dari Kemenkes. Bukan kita yang menjemput, tapi mereka yang mengirim. Karena dalam kondisi seperti ini kita tidak boleh menjemputnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Jumat 27 Maret 2020.

Sebanyak 40 paket APD bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah didistribusikan ke tiga rumah sakit rujukan di Riau yang ditunjuk Kemenkes. Yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, RSUD Puri Husada Tembilahan, dan RSUD Dumai.

Mimi mengungkapkan sejauh ini untuk bantuan APD yang diberikan cukup terbatas. Karena Kemenkes lebih mengutamakan rumah sakit yang banyak pasien Covid-19. Sementara di Riau, julah PDP masih dibawah daerah yang lebih banyak PDP, dan juga pasien yang sudah positif.

"Itu lah kondisinya, karena pusat drof APD ke rumah sakit yang banyak merawat pasien Covid-19. Kita kan belum banyak kalau dibanding dengan rumah sakit di pulau Jawa. Secara bertahap kita diberikan bantuan, jatah kita sudah disiapkan,” kata Mimi.

Seperti diketahui, jumlah Orang Dalam Pemantuan (OPD) Covid-19 di Riau terus mengalami peningkatan mencapai 4. 434 orang. Sedangkan untuk pasien dan satu pasien dinyatakan positif 1 covid-19. (*)