Politikus PDIP Imam Suroso Meninggal, Sempat Merasakan Meriang Pulang dari Jakarta

Imam-Suroso.jpg
(RRI)

RIAU ONLINE, SEMARANG-Politikus PDIP dan Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP Imam Suroso meninggal dunia diduga akibat terinfeksi virus Corona. Dia meninggal  di RS Karyadi, Semarang, Jawa Tengah, dengan status sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) Virus Corona.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto mengkonfirmasi riwayat perjalanan Imam Suroso sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Jumat 27 Maret 2020 malam.

Dalam kronologis yang dikonfirmasi Bambang Wuryanto, diketahui Imam Suroso mulai mengeluh kondisi badan yang mengalami meriang per 18 Maret 2020. Pada tanggal itu, ia baru saja tiba di Semarang menggunakan pesawat dari Jakarta. Sesampainya di bandara, lantas menuju kediamannya di Pati.


"Almarhum Imam Suroso masuk Pati sudah mulai mengeluhkan tubuhnya yang mulai meriang," tulis keterangan riwayat perjalanan Imam Suroso yang dikonfirmasi Bambang Wuryanto, Jumat 27 Maret 2020

Selang beberapa hari, pada Jumat  20 Maret 2020 pagi, Imam Suroso mulai beraktivitas kembali. Kali ini, menghadiri kegiatan senam bersama warga di Desa Saliyan, Bumi Walisongo Pati.

Kegiatan Imam Suroso di luar rumah berlanjut sampai dengan siang hingga sore harinya, untuk menghadiri acara pembagian masker dan hand sanitizer kepada warga di Pasar Puri Baru, Kabupaten Kudus.

Pada keesokan harinya, Sabtu 21 Maret 2020, Imam Suroso mengeluhkan kondisi tubuh yang mulai mengalami demam tinggi disertai sesak napas. Minggu 22 Maret 2020 , Imam Suroso mendapatkan perawatan dari dokter pribadi di kediamannya di Pati.

Namun, perawatan di rumahnya tidak berlangsung lama. Pada Minggu malam, Imam Suroso langsung dibawa ke RS Karyadi Semarang dan langsung masuk ruang perawatan ICU.

Imam Suroso sendiri sempat mendapat perawatan di RS Karyadi sampai akhirnya pada Jumat 27 Maret 2020 dirinya dinyatakan sudah meninggal dunia sekitar pukul 20.50 WIB.


Sebelumnya, kabar meninggalnya Imam Suroso sebagai PDP COVID-19 dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Lana Lena.

"Berpulanglah dalam damai dan kasih Tuhan. Kita doakan Pak Imam Suroso anggota Komisi IX PDIP Dapil Jateng dilapangkan jalan ke surga, RIP," ujar Melki Lana Lena kepada wartawan, Jumat 27 Maret 2020.

Adapun informasi mengenai Imam Suroso sebagai PDP sudah dikonfirmasi kepada pihak rumah sakit yang menangani Imam Suroso.

"Barusan saya kontak Pak Agus, Direktur RSUP Kariadi Semarang. Pak Imam masuk RS dengan kategori PDP beberapa hari lalu. Tracing akan disampaikan oleh Gubernur dan Dinkes Jateng," ujarnya.

Namun untuk penjelasan resmi dan detail lebih lanjut, Melki Lana Lena mengatakan bakal menunggi keterangan dari pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatanan Penanganan COVID-19.

"Kita tunggu pengumuman resmi oleh pemda atau gugus tugas," tandasnya.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com