Bank Indonesia Akan Berikan Beasiswa Kepada 50 Mahasiswa UIN Suska

beasiswa-BI.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bank Indonesia kembali membuat perjanjian kerjasama dengan universitas yang ada di provinsi Riau untuk melanjutkan program Beasiswa BI tahun 2020 ini.

Setelah sebelumnya perjanjian yang sama dilakukan dengan Universitas Riau, hari ini, Rabu, 4 Maret 2020, BI membuat kerjasama dengan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Teguh Setiadi dengan Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Promadi.

Teguh mengatakan, perjanjian ini merupakan perpanjangan program kerjasama beasiswa BI dengan UIN Suska yang sudah terjalin sejak tahun 2014 lalu, dimana ada sekitar 50 orang mahasiswa UIN yang mendapat beasiswa dari BI.

Adapun besaran beasiswa itu sekitar Rp 1 juta perbulannya yang disalurkan langsung kepada mahasiswa penerima guna mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi hingga biaya hidup.

Untuk syarat calon penerima Beasiswa sendiri, diharuskan mahasiswa tersebut memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dari skala 4,00.

"Calon penerima juga harus berasal dari latar belakang keluarga tidak mampu, aktif dikegiatan sosial masyarakat dan telah menyelesaikan 40 SKS atau tiga semester dan maksimal berusia 23 tahun saat menerima beasiswa, serta tidak sedang menerima beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas dengan instansi lain," jelas Teguh.

Tak hanya diberikan uang tunai saja, penerima beasiswa, lanjut Teguh, juga akan tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) yang akan mengikuti berbagai program BI.

"GenBI nantinya akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana dan terarah untuk meningkatkan kompetensi individu dan mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi pemimpin di masa depan," tutupnya.

-->