Banyak Informasi Hoaks Corona, Dewan Minta Masyarakat Tenang

ADE-AGUS-HARTANTO-FOR-INHU.jpg
(hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartarto mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan informasi seputar virus corona yang berseliweran di media sosial.

"Masyarakat harus tetap tenang, jangan panik, tetap jaga pola hidup sehat, jangan percaya informasi yang belum tentu kebenarannya," kata Sekretaris DPW PKB Riau ini, Rabu, 4 Maret 2020.

Diakui Ade, berita terkait adanya masyarakat Pekanbaru yang suspect corona di RSUD Arifin Ahmad membuat panik masyarakat, namun ia meminta masyarakat untuk bersabar.

"Suspect itu kan bahasa kedokteran, masih dugaan saja, belum pasti apakah dia memang corona atau tidak. Yang jelas, kita tetap lakukan pola hidup sehat apapun kondisinya," tuturnya.

Terkait masker yang saat ini menjadi barang langka dan harganya naik, ia berharap ada sorotan khusus dari pihak terkait, apakah itu memastikan ketersediaan atau menelusuri penyebab kelangkaan ini.

Kemudian, ia juga mengkritisi Pemerintah yang baru sibuk mencari masker saat sudah terjadi kasus. Harusnya, sebelum virus ini masuk stok masker sudah disiapkan.

"Makanya jangan dibiasakan begitu, datang wabah baru kita panik semua. Harus sedia payung sebelum hujan," pungkasnya.

Masyarakat juga harus proaktif dalam melaporkan setiap adanya dugaan penimbunan masker, disamping juga harus mencari kreatifitas guna mengganti fungsi masker ini.

"Kalau ada oknum yang bermain, kita siap terima laporannya. Kemudian masker alternatif, kan banyak tu yang bisa kita siasati. Banyak cara membuat masker yang kreatif," tambahnya.

Saat ini, jelasnya, virus Corona bukan hanya ditangani oleh Pemda saja, namun juga sudah ditangani oleh Pemerintah Pusat hingga dunia. Semuanya sedang berupaya mencari formulasi tepat menghadapi virus asal Wuhan, China ini.

"Intinya tetap tenang sampai vaksinnya ditemukan, dan jaga pola hidup sehat," tutupnya.