Program Siwab, 2.700 Anak Sapi di Kuansing Lahir Setelah Diberi Inseminasi Buatan

maisir.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Melalui Inseminasi Buatan (IB) gratis melalui Program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab), tercatat sebanyak 2.700 anak sapi lahir di Kuansing selama tahun 2019 lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kuansing, Maisir mengatakan, rencananya program Siwab pemberian IB gratis kepada pemilik ternak sapi ini akan dilanjutkan oleh Pemkab Kuansing tahun 2021 mendatang.

"Pada 2020 kita masukan dalam RKPD dan pada 2021 program ini akan kita laksanakan," kata Maisir kepada Riau Online.

Tahun lalu kata Maisir, kita dapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka untuk memperbanyak populasi ternak melalui pemberian inseminasi buatan (IB) terhadap ternak sapi terutama indukan.

"Program ini kita nilai cukup berhasil, dari 4 ribu yang ditargetkan diberi IB, petugas kita di lapangan mampu memberi IB terhadap 6 ribu ekor sapi," kata Maisir.

Tercatat kata Maisir sebanyak 2.700 anak sapi sudah lahir dari program IB tersebut. "Memang belum semua pemilik ternak yang melapor, dan laporan sementara itu sebanyak 2.700 anak sapi lahir setelah disuntik IB," katanya.

Keberhasilan tersebut menurut Maisir rencananya Pemkab Kuansing juga akan mengalokasikan anggaran untuk program IB tersebut melalui usulan pada 2020 dan dianggarkan pada 2021 mendatang.

"Kita masih menghitung berapa anggaran untuk program ini, tahun depan akan kita utamakan karena dinilai cukup berhasil dan sangat membantu peternak sapi kita," katanya.

Melalui program IB ini nantinya tentu sangat kita harapkan populasi ternak sapi di Kuansing mengalami peningkatan. Dan Kuansing nantinya bisa menjadi salah satu daerah penghasil sapi di Provinsi Riau.

"Dari pada kita membeli sapi dari luar resikonya cukup besar, lebih baik kita populasikan baik sapi kampung maupun sapi bali. Kedepan untuk kurban kita tidak beli sapi dari luar lagi, kalau bisa kita menjual keluar daerah," harapnya.

Melalui program ini nantinya peternak sapi akan diberi kemudahan mendapatkan IB gratis dari Pemkab Kuansing. Untuk mendapatkan IB peternak kita tinggal menghubungi petugas inseminator yang ada ditiap Kecamatan nantinya.