Antisipasi Virus Corona, Dewan Sarankan Stop Produk Impor dari Tiongkok

marwan-yohanes.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi II DPRD Riau membidangi perindustrian sepakat untuk memboikot sementara produk yang dinilai bisa membawa virus Corona yang saat ini dihebohkan oleh dunia.

Anggota komisi II, Marwan Yohanis mengatakan, semua instansi pemerintahan harus bisa melakukan langkah antisipasi secepatnya untuk menangkal virus ini masuk ke Indonesia, salah satunya impor produk.

"Antisipasi kita, semua dinas terkait baik imigrasi dan kesehatan dan lainnya harus sudah punya peralatan lengkap supaya bisa mendeteksi penyakit ini," kata Marwan, Senin, 27 Januari 2020.

Kalau pemerintah tidak bisa mengantisipasi ini, menurut Marwan, itu sama saja dengan pemerintah membiarkan virus ini masuk ke Indonesia.

"Kita tinggal pilih, ingin mnyelamatkan ekonomi atau manusia. Kalau manusia selamat, perekonomian dapat kita selamatkan juga. Kalau kerja sama perekonomian membahayakan negara, harus kita stop dulu, nyawa manusia lebih berharga daripada itu," tambahnya.

Jika barang dari Tiongkok dipaksakan masuk, Marwan khawatir barang-barang tersebut sudah terkontaminasi dengan virus tersebut. Untuk itu, ia berharap ada ahli yang bisa memastikan bahwa barang impor bebas dari virus ini.

"Kalau ahlinya nanti bilang harus d stop, ya kita harus stop, tapi sampai saat ini kita tidak tau bagaimana penyebaran penyakit ini. Untuk jaga-jaga kita stop dulu daripada bangsa kita tertular virus ini," tutupnya.