Eva Bantah Ayah Kembali Pindah Agama: Papi Itu Kiai

Johny-Indo2.jpg
(Dok keluarga)

RIAU ONLINE, SERANG-Putri Johny Indo, Eva akhirnya memberikan klarifikasi bahwa almarhum sang ayah sempat kembali pindah agam mnejadi Kristen.

Menurut tersangka investasi bodong MeMiles tersebut, jenazah tetap muslim sebelum meningga.

Polemik pun berkahir dan Jenazah Johny Indo telah selesai dimakamkan di TPU Selapajang Jaya, Tangerang, Banten, pada Senin 27 Januari 2020 siang.

Seluruh keluarga turut hadir mengikuti prosesi pemakaman aktor yang wafat di usia 71 tahun itu.


Sempat menjadi perdebatan mengenai prosesi pemakaman, keluarga akhirnya sepakat untuk menggunakan prosesi Islam. Dian Qurnila, istri kedua Johny, menegaskan bahwa sang suami meninggal dalam keadaan Islam.


“Kalau pindah agama, kenapa dia diginiin (pemakaman secara Islam). Enggak benar dong. Alhamdulillah sampai akhir hayatnya dalam keadaan muslim. Sesuai dengan KTP, dia mubalig, penceramah,” ucap Dian ketika ditemui usai pemakaman.

Menurut Dian, semasa hidup, Johny terbilang taat menjalani ajaran agama Islam. Bahkan, ia pernah berpesan agar bisa wafat sebagai seorang muslim.


“Johny jauh sebelum sakit dia selalu pesan ‘ma, papa Islam ya. Jangan sampai papa wafat dalam keadaan Kristen’. Makanya saya punya pegangan itu,” tutur Dian.

 

Johny Indo


“Saya mohon, kan ada di rumah mami Stella. Saya minta tolong dimuslimin. Karena kan satu, memang permintaan dia kan. Amanah. Itu saja,” tambahnya.


Sebelum menikah dengan Dian, Johny memeluk agama Kristen. Begitu pula dengan istri pertamanya, Stella Tiah, dan kelima anak mereka.

Namun, pria kelahiran Garut, Jawa Barat itu memutuskan menjadi mualaf dan naik haji pada tahun 2002. Johny Indo kemudian berganti nama menjadi Umar Billah dan sempat berdakwah di beberapa tempat.


Menurut Dian, tak ada perdebatan serius antara dua keluarga Johny. Keluarga dari istri pertamanya, menerima dengan lapang saat Johny dimakamkan secara Islam.


"Alhamdulillah. Semua keluarga baik. Jadi ya sudah enggak apa-apa, asal jangan dibawa ke rumah saya. Tetap di sini (Tangerang), makamin, sudah dipilih di sini, enggak apa-apa,” tukasnya.

Tak hanya Dian, putri sulung Johny dari pernikahannya dengan Stella, Martini Luisa alias dokter Eva juga menegaskan hal tersebut. Katanya, hingga akhir hayat, sang ayah masih memeluk agama Islam.


“Oh enggak (Kristen), papi tuh kiai. Tetap muslim, enggak ada pindah agama lagi,” tutur Eva dalam kesempatan yang sama.


Eva juga menampik kabar yang menyebutkan bahwa sang ayah sempat berpindah keyakinan. Rutinitas sang ayah sebagai pendakwah juga dapat menggambarkan ketaatan Johny Indo dalam memeluk agama Islam.


“Papi kiai, masih muslim. Sampai papi enggak ada juga tetap muslim,” pungkasnya.

Artikel ini sudah tebrit di Kumparan.com