STQ, Motivasi Generasi Muda Terapkan Alquran Dalam Kehidupan

STQ.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Guna menumbuhkan minat yang tinggi untuk mendalami Al Qur’an sebagai pedoman hidup, bisa ditempuh melalui bidang seni, salah satunya melalui Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ).

Dengan diselenggarakannya STQ ini, menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim, dan khususnya generasi muda untuk makin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini diungkapkan oleh H Zamzami, Sabtu, 21 Desember 2019 malam tadi, kepada RIAU ONLINE.CO.ID, usai pembukaan STQ Tingkat Kelurahan Bengkalis Kota di Jalan Al Muslihin, Kecamatan Bengkalis.

Selaku Ketua Pelaksana, H Zamzami, berharap melalui kegiatan STQ ini, para qori dan qoriah peserta STQ diiringi niat menjalankan nilai-nilai yang terdapat di dalam Al Qur'an pada kehidupan sehari-hari.

"Apakah kita sudah menjalankan nilai-nilai Islam yang ada di dalam Al Qur'an di kehidupan sehari-hari. Idelanya, melalui kegiatan ini, kita berharap kehidupan ke depan kita semakin mencerminkan kehidupan yang Islami," imbuhnya.

Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis ini berharap, kegiatan STQ bukan sebagai rutinitas seremonial belaka.

"STQ harus bisa menjadi momen peningkatan penghayatan terhadap Al Qur'an, guna mendapat bimbingan dan hidayah Allah SWT," harapnya.

STQ tingkat Kelurahan Bengkalis Kota, Kecamatan Bengkalis 2019 ini berlangsung pada 21- 23 Desember 2019 di Jalan Almuslihin dengan sistem perlombaan.

"Idealnya, agar dapat menjaring qori dan qoriah terbaik di tingkat desa maupun kelurahan, yang mana akan dipilih untuk ketingkat selanjutnya," pungkasnya.

Tampak acara pembukaan disambut antusias warga Jalan Al Muslihin, juga turut hadir, Camat Bengkalis, Ketua LPTQ Kecamatan Bengkalis, Ketua LPTQ Kelurahan Bengkalis Kota, Ketua LAM Kecamatan Bengkalis mewakili Danramil Bengkalis, tokoh masyarakat, Pemuda dan para tamu undangan.