Gibran Dikabarkan jadi Kader Golkar, Begini Reaksi PDIP

Gibran-Rakabuming-Raka30.jpg
([Suara.com/Rakha])

RIAU ONLINE - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dikabarkan pindah ke Partai Golkar. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat pun mempersilakan Gibran jika ingin bergabung dengan partai lain.

"Kalau kita sih ya silakan, itu pilihan, itu hak dari masing-masing orang," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 31 Oktober 2023.

Djarot menegaskan status Gibran di PDIP secara de facto sudah keluar dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu. Gibran hanya harus mengembalikan kartu tanda anggota kepada Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

"Kalau status yang bersangkutan itu silahkan pada Pak Rudy, tapi yang jelas secara de facto beliau sudah izin dan sudah keluar dari PDIP," kata Djarot.

"Tergantung sekarang niat baik dari Mas Gibran gibran untuk menyerahkan kembali KTA kembali ke Mas Rudy," sambungnya.


Djarot menyebut Rudy dan Gibran telah berkomunikasi mengenai masalah keanggotaan tersebut.

Meski begitu, PDIP bersikap untuk terus mendukung Gibran sebagai Wali Kota Solo.

Tetapi sikap partai jelas kita akan tetap membackup mengawal dan mensukseskan program-program baik di Solo maupun secara nasional, kita akan tetap mengawal sampai tuntas karena yang kita pentingkan adalah kepentingan rakyat banyak," jelas Djarot.

Tapi sebelumnya, politikus Partai Golkar, Nusron Wahid, menyebut bahwa cawapres Koalisi Indonesia Maju itu belum menjadi kader Partai Golkar.

Dia mengatakan, partainya tidak memaksa Gibran untuk menjadi kader Partai Golkar.

"Soal keanggotaan Gibran di Golkar, sampai saat ini Mas Gibran belum menjadi kader Golkar, dan kami dalam posisi tidak memaksakan agar masuk Golkar," kata Nusron, saat dikonfirmasi, Senin, 30 Oktober 2023.