Partai Pengusung Ganjar Segera Gelar Pertemuan dengan Demokrat

AHY-dan-Hasto.jpg
([Suara.com/Muhammad Yasir])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Partai pengusung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yakni PDIP, Perindo, PPP dan Hanura akan mengadakan pertemuan dengan Demokrat. Informasi itu disebut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.

 

"Kami mendengar beberapa partai politik yang mengusung Pak Ganjar itu juga akan mengadakan pertemuan dengan Partai Demokrat," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023).

Menurutnya, rencana pertemuan itu merupakan sinyal yang positif bagi proses pemenangan dalam Pemilu 2024. Namun begitu, Hasto mengatakan ada syarat yang harus dipenuhi Demokrat jika nantinya ingin bergabung dengan koalisi pendukung Ganjar.

"Ini hal yang bagus komunikasi politik membangun kesepahaman. Tapi kami juga tegaskan kalau bekerjasama dengan partai politik pengusung Pak Ganjar Pranowo maka betul-betul harus mengedepankan kepentingan bangsa," ungkap Hasto.


Progres Kerja Sama

Sebelumnya, politisi PDIP, Deddy Yevri Sitorus, mengungkapkan terkait dengan progres penjajakan kerja sama politik antara Partai Demokrat dengan PDIP untuk Pilpres 2024. Menurutnya, pada pekan depan sudah memasuki tahapan yang lebih serius.

Ia awalnya menyampaikan, hal yang wajar jika kekinian PDIP melakukan penjajakan komunikasi untuk kemungkinan kerja sama dengan Demokrat.

"Sekarang dengan kompleksitas yang dihadapi Demokrat, menjadi memungkinkan kita bicara soal kerja sama politik, kalau dulu, kan nggak. Kita hormati mereka dalam koalisi perubahan yang berubah ubah itu kan," kata Deddy di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

"Sekarang mereka sudah menjomblo, ya wajar dong kalau kita komunikasi. Siapa yang larang, kan gitu," sambungnya.

Ia lantas mengungkap proses yang sedang dilakukan ke dua partai dalam rangka melakukan penjajakan. Menurutnya, kemungkinan dari penjajakan itu pekan depan sudah terjadi hal yang lebih serius.

"Nah, tahapan-tahapan untuk itu sedang kita lalui, pertemuan-pertemuan informal pertemuan-pertemuan komunikasi verbal yang personal itu semua sedang (dilakukan), ya mudah-mudahan mulai minggu depan masuk ke tahap-tahap yang lebih serius harapannya begitu," tuturnya dikutip dari suara.com