Gusti Pangeran Haryo Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo Jadi Raja Mangkunegaran

GPH-Bhre-Cakrahutomo-Wira-Sudjiwo.jpg
(Inung R RuListyo/Instagram @endanggyamin)

RIAU ONLINE, SURAKARTA-Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo secara resmi menjadi Raja Mangkunegaran atau Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X.

Sebagai calon penerus raja, Bhre diketahui memiliki profil mentereng, terutama dalam bidang pendidikan.

Dia merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) dan memiliki prestasi. Bhre sendiri lahir pada 29 Maret 1997.

Selain itu, dilansir dari puromangkunegaran.com, Bhre Cakrahutomo pernah tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI berhasil mendapatkan gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018 silam.

Sebagai tambahan informasi, Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot) adalah pertandingan pengadilan semu yang diselenggarakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law.

Sedangkan Pre-moot adalah pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot.

Selain itu, pria berusia 24 tahun tersebut juga diberi tanggung-jawab mendiang sang ayah dalam proyek renovasi Mangkunegaran yang sedang dilakukan pemerintah.



Tunjuk Bhre Jadi Raja

Diketahui, teka-teki penerus KGPAA Mangkunegaran IX setelah meninggal pada 13 Agustus 2021 akhirnya terjawab. Rencananya tata cara adat jumenengan dalem KGPAA Mangkunegara X akan dilakukan pada, 12 Maret 2022 mendatang.

Pengumuman resmi ini disampaikan oleh Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat yang didampingi para kerabat di Pura Mangkunegaran Surakarta, Selasa (1/3/2022).

"Keluarga dalem telah menunjuk GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo untuk di jumenengkan menjadi KGPP Mangkunegara X," terang Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, Selasa (1/4/2022).

Lilik menegaskan, untuk tata cara adat pengukuhan atau jumenengan akan dilakukan pada Sabtu pahing, 8 ruwah alip 1955 atau 12 Maret 2022.

Menurutnya, keluarga inti yang terdiri dari putra-putra, kerabat dan sederek dalem Pura Mangkunegaran sudah mengadakan musyawarah.

Sesuai paugeran adat dengan tulus ikhlas dan sepakat mendukung Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX menentukan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X.


"Keluarga sudah musyawarah terkait masalah ini. Hasilnya Prameswari Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX mewakili keluarga dan sederek dalem menunjuk GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X," jelas dia dikutip dari suara.com

Seperti diketahui, KGPAA Mangkunegaran IX setelah meninggal dunia pada 13 Agustus 2021 lalu. Selama sekitar tujuh bulan lamanya pemimpin Pura Mangkunegaran Surakarta kosong.

Karena Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX bersama keluarga tengah menggelar rapat untuk menggantikan penerus KGPAA Mangkunegara IX.

Akhirnya bertepatan, 1 Maret 2022 Pura Mangkunegaran Surakarta mengumumkan secara resmi GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegaran X.