Mercon Meledak saat Diracik, 3 Orang Tewas, Diduga Ada yang Merokok

untung.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, KEBUMEN-Sebanyak 3 orang tewas dan lima lainnya luka-luka akibat ledakan mercon dalam rumah warga Trukan, Ngabean, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (12/5/2021) sore.

Diduga ledakan terjadi akibat bahan mercon terkena bara api rokok. Informasi diperoleh, kronologi peristiwa ledakan ini ini bermula ketika tujuh orang membuat mercon di rumah Untung warga Trukan pada Rabu (12/5/2021) pukul 16.00 WIB. Dalam pembuatan mercon tersebut mereka berbagi tugas.

Beberapa orang menggulung kertas dan lainnya mengisi obat mercon ke dalam gulungan. Selanjutnya pada pukul 17.00 WIB, terjadi ledakan yang sangat keras hingga membuat rumah tempat pembuatan mercon hancur.

"Kejadian tadi sore. Informasinya, yang membuat mercon tujuh orang. Namun ada yang merokok. Diduga, bara api rokok mengenai bahan mercon sehingga terjadi ledakan," kata Eko warga Mlirit dikutip dri Inews


Akibat ledakan tersebut, tujuh orang pembuat mercon dan satu anggota keluarga pemilik rumah menjadi korban. Tiga di antaranya meninggal dunia, sedangkan lima orang lainnya luka-luka. 

Identitas korban meninggal dunia yakni Muhammad Taufik Hidayat (27), Rizky Efendi (21) dan Rio Dwi Pangestu (22). Kemudian korban luka yaitu Bambang Priyono, Sugiyanto, Alib, Irwan Soleh dan Ratna Iswatun Khasanah. A

dapun jumlah mercon yang akan dibuat sebanyak 400 gulungan. Ratusan gulungan selongsong mercon itu akan diisi dengan bahan peledak mercon seberat 5 kilogram.