Jagoan Amien Rais Kalah, Zulkifli Hasan Kembali Kendalikan PAN

Kongres-PAN.jpg
(Paulina Herasmarindar/kumparan)

RIAU ONLINE, KENDARI-Caketum Mulfachri Harahap menghampiri Zulhas dan memberi pelukan. Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai ketua umum PAN dalam Kongres V yang digelar di Kendari. Sebelum penghitungan suara benar-benar selesai,

Momen itu terjadi saat penghitungan suara menunjukkan Zulhas yang sulit dikejar oleh Mulfachri Selasa (11/2). Perbedaan suaranya sekitar 100 dari 565 suara yang diperebutkan.

Jagoan Amien Rais, Mulfachri Harahap, kalah dalam Kongres PAN. Dia diungguli Zulkifli Hasan (Zulhas), yang terpilih jadi ketum PAN periode 2020-2025. Kekalahan Mulfahcri jadi tanda lunturnya pengaruh Amien Rais di PAN?

Ada 4 calon ketum di Kongres PAN 2020 di Kendari. Mereka adalah Zulkifli Hasan, Asman Abnur, Dradjad Wibowo, dan Mulfachri Harahap. Nama terakhir berduet dengan Hanafi Rais, yang mendapat dukungan Amien Rais. Sedangkan Hatta Rajasa diketahui mendukung Asman Abnur.

 Dalam penghitungan suara di ballroom Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (11/2/2020), Dradjad Wibowo mendapatkan 6 suara, Mulfachri Harahap 225 suara, dan Zulkifli Hasan 331 suara. Sedangkan suara yang rusak ada 3 suara. Jumlah kertas suara seluruhnya 565.

 Ketum PAN terpilih Zulkifli Hasan juga meminta Hatta Rajasa menjadi Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP). Hatta Rajasa menerima jabatan itu dan menargetkan PAN jadi partai besar ketiga di Pilkada 2024.

 

Menilik ke belakang, Amien Rais biasa membuka gelaran Kongres PAN. Namun, kebiasaan itu tak terulang dalam Kongres PAN ke-5 di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Padahal, Amien Rais, yang merupakan pendiri PAN, diagendakan memberikan sambutan

Artikel ini sudah terbit di Detik.com

 

-->