Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

IDI Riau Kerahkan 10 Dokter Spesialis

Pemilukada-serentak.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau menurunkan 10 dokter spesialis untuk melakukan tes kesehatan 26 pasangan calon yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (28/7/2015) lalu. 

 

Kesepuluh dokter spesialis tersebut berdinas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. Dokter spesialis tersebut akan memeriksa seluruh organ tubuh pasangan calon. 

 

"Hampir semua spesialis terlibat seperti spesialis penyakit dalam, mata, THT, saraf, bedah, kebidanan, jantug, paru, dan beberapa orang doker umum," ungkap Ketua IDI Riau, dr Nuzelly Husnedi, Rabu (29/7/2015). 

 

(Klik Juga: IDI Keluarkan Rekom Layak atau Tidak Layak) 

 

Hari pertama pemeriksaan kesehatan, enam pasangan calon dari tiga kabupaten menjalani tes kesehatan di RSUD. Keenam pasang calon tersebut antara lain Syamsuar-Alfedri dan Suhartono-Syahrul, dari Siak.

 

Kemudian Tengku Mukhtaruddin-Hj.Aminah Susilo dan Yopi Arianto-Khairizal, dari Indragiri Hulu. Terakhir Pelalawan adalah M Harris-Zardewan dan Zuhri-Abdul Annas Badrun.

 

Sebelumnya, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau, dr Nuzelly Husnedi, mengatakan, hasil tes kesehatan terhadap pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, bukan dalam bentuk lulus atau tidak lulus tes. 

 

Rekomendasi yang dikeluarkan tersebut, tutur Direktur Utama RSUD Arifin Achmad ini, menyatakan layak atau tidak layak calon untuk lanjut pada tahapan selanjutnya. 

 

"Hasil pemeriksaan ini akan diserahkan kepada KPU Riau. Laporan akan diserahkan dalam bentuk layak atau tidak layaknya calon untuk lanjut pada tahap selanjutnya. Namun yang mengesahkan tetap KPU nantinya," tutur dokter memiliki tubuh tinggi tegap tersebut pada rekan wartawan di ruang konferensi pers, Rabu (29/7/2015). 

 

(Klik Juga: Enam Pasang Calon Jalani Tes Kesehatan) 

 

Ia menjelaskan, hasil ini akan keluar pekan depan setelah pemeriksaan dilakukan. Sedangkan untuk lamanya pemeriksaan membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam. Mereka telah diperiksa sejak pukul 07.30 WIB pagi. Menurut perkiraan, mereka akan selesai diperiksa pada sore hari nanti.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline