Pertama di Indonesia, SPAM Siap Minum Bakal Dibangun di Pekanbaru dan Kampar

Syamsuar755.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah menggarap air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan dalam waktu dekat masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar bisa memanfaatkan fasilitas berupa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) siap minum yang pertama kali dibangun di Indonesia. Hal itu disampaikan Gubernur Riau Syamsuar saat meninjau lokasi yang berada di Jalan Suka Karya, Kampar, kemarin Selasa, 23 April 2023 sore.

"SPAM ini pertama di Indonesia. Kita doakan agar dalam waktu yang tidak begitu lama jadi. SPAM ini juga berbeda dengan Durolis (Duri-Rokan Hilir-Bengkalis) karena airnya bisa langsung diminum," jelasnya.

Dengan bisa langsung diminum airnya oleh masyarakat, hal ini bisa mengurangi penggunaan energi seperti listrik dan gas. 

"Bisa menghemat biaya atau pengeluaran masyarakat," katanya.


Syamsuar menyebut pembangunan SPAM tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melainkan proyek ini dibangun oleh pihak swasta dengan menggunakan pola be to be bersama BUMN dan BUMD.

"Jadi proyek ini dibangun oleh investor dengan pola be to be dengan skema antara BUMN, BUMD, dan swasta. Jadi tentunya ini tidak mengeluarkan dana APBD tidak mengeluarkan dana APBN dan semuanya ya investor yang membangun ini,” terangnya.

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini berharap, setelah beroperasi nantinya masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya. 

Selain itu, Syamsuar berharap perusahaan dapat melanjutkan pembangunan tahap kedua jika SPAM sudah berkembang dan memenuhi kebutuhan konsumen lainnya.

“Harapan kita nanti kalau sudah berkembang dan masih dirasa belum mencukupi, perusahaan ini juga masih siap untuk melanjutkan pembangunan tahap kedua,” harapnya.