Kajati Riau Kembalikan Mobil Listrik, Dewan: Makanya Pemerintah Jangan Latah

Mobil-listrik-baru-pejabat-riau.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Riau, Supardi, mengembalikan mobil dinas listrik yang dihibahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pengembalian mobil dinas ini lantaran dianggap tidak sesuai kebutuhan instansi itu yang kebutuhan kendaraan yang bisa dibawa keluar kota. 

Menanggapi itu, Anggota Komisi I DPRD Riau, Mardianto Manan, mengatakan sudah mengingatkan sejak awal terkait urgensi kendaraan listrik. Ia meragukan mempertanyakan keberadaan bengkel resmi kendaraan listrik di Riau. 

"Inilah akibat perencanaan anggaran yang latah tanpa memikirkan untuk kondisi apa dan wilayah, seperti apa digunakan kendaraan yang kita anggarkan," kata Mardianto, Selasa, 6 Juni 2023.

Mardianto juga mengkritisi perihal keberadaan tempat pengisian daya listrik mobil listrik tersebut. Jika kendaraan menggunakan bahan bakar minyak (BBM), masih banyak tempat mengisi. 

"Saya kalau dari Kuansing kehabisan bahan bakar, bisa masuk ke SPBU. Kalau menggunakan mobil listrik, kemana mau diisi," terangnya.


Politikus PAN itu kembali menegaskan, telah menolak pembelian mobil saat diusulkan beberapa waktu lalu. Penolakan itu karena dia menilai ada hal lain yang lebih penting.

"Sejak awal saya menolak. Saya secara pribadi menolak, tapi sampai paripurna disahkan. Padahal ada yang lain lebih penting," kata Mardianto.

Namun, ia tak menampik DPRD Riau telah mengesahkan usulan tersebut hingga delapan unit mobil dibeli dan dibagikan.

"Saya bilang jangan pakai mobil listrik itu karena euforia, orang pakai mobil listrik kita mau pakai. Tapi fakta di lapangan ini kita miskin infrastruktur," tegasnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau mengembalikan mobil listrik Toyota bZ4X ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Korps Adhyaksa meminta mobil tersebut diganti dengan mobil yang lebih besar karena lebih mendukung operasional ke daerah-daerah di Riau.

Diketahui, beberapa waktu lalu Pemprov Riau memberikan delapan unit mobil listrik baru untuk pejabat di Riau. Salah satu pejabat yang menerima mobil dinas tersebut adalah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau.