Ditjen Migas Kunker ke Zamrud Station, 2022 Ada 1.837 Rumah Masuk Jaringan Gas

Alfedri54.jpg
(Humas Pemkab Siak)

Laporan Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, SIAK- Direktorat Jenderal (Ditjen) Migas Kementrian ESDM Tutuka Adiadji melakukan kunjungan kerja ke Wilayah Kerja Coastal Plains and Pekanbaru (MK CPP) di Zamrud Station, kabupaten Siak, Provinsi Riau. 

 

Kunjungan Kerja Ditjen ke kabupaten Siak, dirangkai peninjauan Jaringan Gas (Jargas) Rumah Tangga untuk di perkotaan, di Kampung Pinang Sebatang Barat dan Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang, kabupaten Siak.

 

Bupati Siak Alfedri. mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Migas Kementrian ESDM yang telah menyetujui usulan yang di sampaikan nya beberapa tahun lalu, hari ini dikabulkan.

 

“Atas nama pemerintah dan masyarakat, khususnya masyarakat di dua kampung di kecamatan Tualang, kami mengucapkan terimakasih kepada pak Dirjen Migas Kementrian ESDM. Dari 4 (empat) ribu yang di usulkan, setengah di kabulkan,” ujarnya, di Zamrud Siak usai pertemuan bersama Ditjen Migas Kementrian ESDM Tutuka Adiadji, Jum'at, 16 Desember 2022.

 

Bupati Alfedri. menambahkan sejak kabupaten Siak terbentuk baru kali ini di kabupaten Siak ada jaringan gas langsung masuk ke rumah warga. Namanya jaringan gas untuk perkotaan, yang di usulkan untuk wilayah Kandis dan Tualang. Ia berharap tahun depan bisa di tambah lagi.

 


Untuk jaringan gas yang terpasang saat ini, berasal dari jaringan gas jalur Jambi, Palembang mengarah ke Duri untuk penambang minyak di Duri melewati Bunut. 

 

“Kami berharap tahun depan, pak Ditjen akan menambahkan lagi untuk di Perawang dan Kecamatan Siak dan Kecamatan Kandis. Karena masyarakat merasa terbantu. Alhamdulillah 1.837 rumah yang terhubung ke jaringan gas tersebut, juga mendapatkan kompor gas gratis dari Kementerian ESDM RI, terimakasih pak Dirjen,” ucap Alfedri. 

 

Terkait kunjungan Ditjen ke zamrud station, Bupati Alfedri berharap dengan kunjungan Ditjen ke PT Bumi Siak Pusako (BPS) bisa memotivasi rekan-rekan yang ada di PT BSP sehingga bisa meningkatkan kinerja, performa BUMD ini sehingga produksinya meningkat.

 

Direktorat Jenderal (Ditjen) Migas Kementrian ESDM Tutuka Adiadji. menyampaikan terkait usulan penambahan jaringan gas yang di sampaikan Bupati Alfedri, ia akan berusaha memenuhi dengan perhitungan seluruh (Nasional), sesuai dengan prioritasnya dimana. 

 

Akan tetapi untuk tahun ini, Kabupaten Siak mendapatkan 1.837 rumah. dan pemasangan sudah bagus, tinggal kami tunggu pemakaiannya dari masyarakat, apakan berguna dan masyarakat puas.

 

"Jika ditempat lain yang sudah memakai jaringan gas ini, mereka merasa sangat dimudahkan. Artian ketika malam hari tidak perlu mengganti tabung gas ketika habis, apalagi kalau habisnya ketika sahur kan bingung. Pemakaian Jaringan Gas ini juga memakan biaya yang murah dibandingkan menggunakan tabung gas LPG yang kecil. Jadi tujuan kami memasang jaringan gas ini adalah memudahkan masyarakat dengan biaya yang lebih murah", jelas Dirjen Migas Kementrian ESDM RI tersebut.

 

Ia juga memuji kinerja PT Bumi Siak Pusako sebagai perusahan baru mampu tumbuh dan berkembang,” hanya beberapa BUMD saja yang mampu bertahan dalam mengelola ladang migas di Indonesia," ucapnya.

 

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Direktur PT BSP Iskandar, Komisaris PT BSP, Hendrisan, JM PT BSP Ridwan beserta staff PT BSP yang ada di area Zamrud.