Tujuh Kabupaten Kota Zero Case PMK, Kabid Diskeswan: Tetap Perlu Dipantau

Sapi-ternak-di-kuansing.jpg
(Robi Susanto/RIAUONLINE.CO.ID)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Riau, drh Faralinda Sari mengungkapkan tujuh kabupaten zero case PMK harus tetap dipantau, Sabtu, 17 Desember 2022. 

 

Data PMK Provinsi Riau menyebutkan tujuh kabupaten zero case ada  Dumai, Rokan Hulu (Rohul), Kuansing, Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu), Kampar, Pelalawan.

 

 

"Dipastikan selama dua kali dua minggu putih, sebulan tidak ada kasus, putih itu (zero case, red). Selain itu mesti dikuatkan dengan pengujian lab," ujarnya. 

 

Dokter Faralinda mengatakan zero case bukan berarti satu wilayah bebas kasus PMK, ada kemungkinan tidak terdeteksi karena Hewan merupakan carier PMK.


 

"Rupanya masih ada terdeteksi virus di dalam tubuh tubuh ternak di tujuh kabupaten kota yang sudah putih tersebut," terangnya. 

 

 

 

 

 

Disebut dokter Faralinda temuan virus di tubuh hewan ternak tersebut secara Elisa Non Struktural Protein (NSP) sehingga perlu konfirmasi lanjut. Untuk memastikan lagi, perlu pengujian dengan Swab PCR.

 

"Dan itu masih berproses pengambilan sampelnya juga,"