Anak Kurang Percaya Diri? Ketahui 4 Cara Peningkatan Sosialisasi

anak3.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sosialisasi merupakan proses bagaimana memperkenalkan sistem pada seseorang serta bagaimana orang tersebut menentukan tanggapan dan reaksinya, hal ini ditentukan oleh lingkungan sosial, ekonomi dan kebudayaan.

Sosialisasi juga ditentukan dari interaksi pengalaman-pengalaman serta kepribadiannya. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Anak, Anak anda kurang percaya diri? Ketahui 4 cara peningkatan sosialisasi pada anak, simak ulasannya berikut ini.

Perkembangan emosi pada anak

Anak usia dini mengalami perkembangan emosi yang semakin berkembang sesuai dengan pertambahan usianya. Dari emosi yang sederhana seperti menangis, gembira, marah dan sebagainya akan berkembang menjadi emosi yang lain seperti pengamuk, pemalu, perusak dan sebagainya.

 

Kepribadian seorang anak dapat dibentuk sejak dini dengan mengajarkan hal-hal yang bersifat positif sehingga mempengaruhi perkembangan anak di kemudian hari.

Terutama pada masa prasekolah yaitu masa pertumbuhan, masa-masa ini adalah masa menemukan anak tersebut dan teknik apakah yang cocok dalam menghadapinya. Masa prasekolah merupakan masa-masa bahagia dari masa kehidupan anak untuk itulah kita perlu menjaga hal tersebut berjalan sebagaimana adanya, jangan memaksakan sesuatu karena diri kita sendiri dan mengharapkan secara banyak segera maupun mencabut melakukan hal yang mereka belum siap.

Perkembangan sosial anak ditandai oleh kemampuan dalam menyesuaikan diri dan mengembangkan tingkah laku sosialnya sehingga dapat bersosialisasi dengan baik.

 


Peningkatan sosialisasi anak

  1. Kemampuan interpersonal

Pada indikator kemampuan interpersonal, terbagi menjadi dua indikator kinerja yaitu anak dapat membantu orang lain dan anak dapat menjalin persahabatan. Dengan demikian, kemampuan interpersonal anak dapat dikategorikan meningkat.

  1. Kemampuan untuk diterima oleh teman sebaya

Pada indikator kemampuan untuk diterima oleh teman sebaya, terbagi menjadi tiga indikator kinerja yaitu anak yang dapat menyimpan temannya, anak yang dapat mengajak temannya, anak dapat bekerja sama dengan teman. Dengan demikian kemampuan untuk diterima oleh teman sebaya dapat dikategorikan meningkat.

  1. Keterampilan untuk mengatur diri sendiri

Anak, Anak anda kurang percaya diri? Ketahui 4 cara peningkatan sosialisasi pada anak selanjutnya adalah keterampilan untuk mengatur diri sendiri. Pada indikator keterampilan mengatur diri sendiri, terbagi menjadi tiga indikator kinerja yaitu anak dapat mengontrol kemarahan, anak dapat berempati terhadap temannya dan anak dapat berekspresi dalam bermain peran.

  1. Keterampilan berkomunikasi

Pada indikator keterampilan berkomunikasi, terbagi menjadi dua indikator kinerja yaitu anak dapat menggunakan bahasa yang mudah diterima oleh temannya dan anak dapat menerima informasi yang disampaikan temennya.

Proses pembelajaran yang dirancang guru harus dapat melibatkan anak agar dapat bersosialisasi

  1. Guru seharusnya selalu menggunakan strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mendorong pembelajaran anak untuk bersosialisasi khususnya pada anak taman kanak-kanak.
  2. Rendahnya kemampuan bersosialisasi anak dapat berdampak terhadap psikologis anak. Sehingga guru tidak seharusnya selalu menyalahkan anak yang tidak dapat bersosialisasi dengan baik ketika proses pembelajaran berlangsung, tetapi guru harus meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak dengan cara dilatih dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat.

Nikmatilah perkembangan anak sebagaimana dirinya ingin bermain, jangan mengharapkan anak melakukan hal-hal yang sebetulnya belum bisa ia lakukan.

Terutama pada anak usia 5-6 tahun, ketika itu anak belajar menjalin kontak sosial dengan orang-orang yang ada diluar rumah terutama dengan anak supaya.

Peran orang tua dan guru harus mendorong anak untuk melakukan kontak sosial dengan anak lain dengan cara bermain dan bicara bersama. Biarkan anak bergaul dengan siapa saja, lambat laun anak akan mulai memilih untuk bermain dengan teman yang dinilainya nyaman.

Sekian informasi mengenai Anak, Anak anda kurang percaya diri? Ketahui 4 cara peningkatan sosialisasi pada anak. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.