8 Tips Usir Rasa Malas Bekerja setelah Liburan

malas-bekerja.jpg
(Shutterstock)

Laporan: Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Memulai kembali pekerjaan setelah libur panjang selama lebaran bagi sebagian orang mungkin akan terasa sulit.

 

Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun.

 

Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama, bisa saja pekerjaan menjadi berantakan sehingga kena teguran dari atasan.

 

Lakukan beberapa tips berikut untuk memulai kembali bekerja setelah libur panjang lebaran berlalu:

 

1. Pikirkan Kesenangan Dalam Bekerja

 

Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan, namun jika kamu menyukai pekerjaan kamu, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan kamu.

 

 

Agar kamu bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. Misalnya, kamu bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerjamu yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan kamu, maka akan semakin mudah bagi kamu untuk menumbuhkan semangat kerjamu yang sudah hampir sirna itu.

 

2. Buat Kembali Jadwal Kegiatan

Selama liburan, jadwal kegiatan yang biasanya dilakukan pasti jadi terbengkalai. Supaya kamu ingat kembali kegiatan apa saja yang harus dilakukan, tidak ada salahnya jika kamu membuat ulang jadwal kegiatan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.

 

Selain itu, kamu juga perlu membuat to do list (hal-hal apa saja harus diprioritaskan untuk dikerjakan) dan not to do list (hal-hal apa saja yang harus dihindari supaya tidak mengganggu produktivitas).


 

3. Datang Kerja Lebih Awal

Setelah beberapa lama bermalas-malasan di rumah, kamu jadi terbiasa untuk terus malas dan bangun siang. Tapi sekarang adalah saatnya kamu bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan itu.

 

Caranya adalah dengan memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerja. Dengan begini, kamu punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan sehingga tidak keteteran saat mengerjakannya nanti.

 

4. Kuatkan Motivasi Bekerja

Motivasi kerja bukan sebatas supaya kinerja di kantor bagus saja. Ada banyak orang yang semangat bekerja karena adanya motivasi lain, misalnya ingin dapat uang tambahan untuk membeli rumah yang kamu idamkan atau yang lainnya.

 

Ingat, semakin banyak motivasi yang kamu miliki, semakin tinggi juga semangat kamu dalam bekerja. Untuk memperkuat motivasi tersebut, maka berikan rangsangan pada indera.

 

Caranya mudah, kamu bisa mencetak gambar rumah idaman kemudian menempelkannya di dinding rumah atau memutar iklan rumah tersebut dari ponsel. Semakin sering melihat bagaimana desain rumah dan mendengar keunggulan dari rumah tersebut, motivasi untuk memiliki rumah tersebut akan jadi semakin kuat.

 

5. Mulai Bekerja Secara Perlahan

Setelah liburan, banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan.

 

Lakukan pekerjaan dengan perlahan dan jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran belum terlalu fokus pada pekerjan.

 

Bisa jadi, jika dikerjakan dengan terburu-buru malah semakin memperlambat pekerjaan karena harus sering diulang. Lebih baik dikerjakan sedikit demi sedikit dan perlahan hingga kamu menemukan kembali ritme yang sesuai untuk mengerjakannya.

 

Jika ada kendala dalam menyelesaikan pekerjaan, tidak ada salahnya meminta bantuan dengan rekan kerja.

 

6. Atur Waktu Bekerja Dengan Bijaksana

Setelah liburan panjang, pasti banyak pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan. Aturlah waktu bekerja dengan bijaksana. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluargamu.

 

7. Jangan Terbawa Suasana Teman Yang Malas

Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman kerjamu masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi kamu.

 

Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi kamu, melainkan kamu yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerjamu dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

 

8. Jaga Stamina dan Kebugaran Tubuh

 

Perlu Anda pahami jika semangat dalam bekerja bisa memengaruhi gaya hidup Anda dan begitu pun sebaliknya. Bekerja dengan semangat membuat hidup disiplin, bukan hanya pada waktu kerja, namun juga pada kegiatan lainnya. Artinya, hidup disiplin membuat Anda makan tepat waktu dan cukup tidur.

 

 

 

Supaya tetap bersemangat, tubuh butuh banyak energi. Hal ini membuat Anda jadi lebih baik untuk mempertimbangkan menu makanan dan menyempatkan diri untuk berolahraga supaya tetap bugar.