Jemaah Haji Diminta Siapkan Fisik, Suhu di Arab Saudi Bisa Capai 50 Derajat

Haji2.jpg
(Via Suara.com/ ANTARA FOTO/Hanni Sofia])

RIAU ONLINE, MEKKAH-Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku telah mengecek semua kesiapan penyelenggaraan haji di Arab Saudi setelah berada lima hari ke Arab Saudi. 

"Saya sudah cek semua layanan di Saudi, baik akomodasi, transportasi, katering, serta layanan kesehatan, dan alhamdulillah semua siap," ujar Menag Yaqut setibanya di ruang VIP Bandara Soekarno Hatta didampingi Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief dan Sekretaris Ditjen PHU Abdullah, Senin 23 Mei 2022.

Selanjutnya, Menag mengingatkan jemaah untuk menjaga kesehatan jelang keberangkatan haji.

"Saya perlu sampaikan, di Saudi sedang musim panas. Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40 - 44 derajat celcius," ungkap Menag.

"Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius," imbuhnya.


Menag berharap jemaah mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

"Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrim, suhu udara yang ekstrim," ujar Gus Men, begitu ia biasa disapa.

 Gus Men berharap semua jemaah haji Indonesia memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji.

"Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja," pesan Gus Men.

Selain itu, Gus Men juga menyarankan kepada jemaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan persiapan fisik dikutip dari suara.com

"Dalam masa tunggu ini sampai nanti jemaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi," tandasnya.