Tak Mau Kalah, Kwarcab Rohul Kumpulkan Sumbangan Bencana Alam Rp60 Juta

pramuka-rohul.jpg
(lukman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tidak mau kalah dari Pekanbaru, Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwartir Cabang Rokan Hulu menyerahkan hasil penggalangan dana untuk korban bencana alam yang ada di Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Manado dan Sumedang (Jawa Barat) kepada Kwartir Daerah (Kwarda) Riau pada Jum’at, 5 Februari 2021. Total sumbangan hasil penggalangan dana tersebut mencapai Rp60.550.000.

Dana tersebut langsung diserahkan Wakil Ketua Kwarcab Rohul, Wahyuni bersama Ketua Satgas Pramuka Peduli Darmansyah kepada Ketua Kwarda Riau melalui Wakil Ketua bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana dan Lingkungan Hidup Joko Pujiono. Kwarcab Rohul merupakan kwartir cabang ketiga yang telah menyerahkan hasil penggalangan dana setelah Pekanbaru dan Pelalawan.

Wakil Ketua Kwarcab Rokan Hulu Wahyuni berharap kepada Kwarda Riau agar dana yang telah diserahkan untuk korban bencana alam dapat diprioritaskan kepada yang berhak menerimanya. Apalagi ini merupakan amanah dari para penyumbang.

“Walaupun tidak banyak ya sedikit tapi merata kepada saudara-saudara kita yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut,” kata Wahyuni.


Menurut Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Rokan Hulu Darmansyah, penggalangan dana yang dilandasi rokan Hulu melibatkan 16 Unit Satuan Tugas Pramuka Peduli yang ada di Kwartir Ranting dalam melaksanakan penggalangan dana untuk korban bencana alam.

“16 unit Satgas di Ranting telah membantu penggalangan dana mulai tanggal 20 sampai 31 Januari 2021. Untuk mematangkan penggalangan dana antara satgas yang satu dengan lainnya selalu berkoordinasi sehingga terkumpul dana sebesar Rp60,5 juta," ujar pria yang karib disapa Onit tersebut.

Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau Lukman Hakem sangat terimakasih atas partisipasi dan kerjasama yang diberikan oleh Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Rokan Hulu. Menurutnya dana tersebut akan dikoordinasikan dengan Satgas yang ada di lokasi bencana, sehingga akan diketahui daerah mana yang sangat membutuhkan.

“Jadi dana yang sudah terkumpul akan kita serahkan apakah langsung diserahkan ke lokasi bencana atau ditransfer ke rekening Kwarda yang bersangkutan. Sekali lagi terimakasih kami ucapkan kepada Satgas Pramuka Peduli Rokan Hulu yang telah memaksimalkan kegiatan penggalangan dana ini,” terangnya.