Yuk Budidaya Jernang, Tanaman Unik Kaya Manfaat Ekologis dan Ekonomis

Jernang.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Deforestasi yang terus terjadi di Riau mengakibatkan habisnya sejumlah flora endemik Riau. Padahal, tidak sedikit yang memiliki manfaat ekologis dan ekonomis yang besar bagi kehidupan. 

 

Salah satunya adalah tumbuhan jernang. Tanaman sejenis rotan yang memiliki buah dengan berbagai manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai bahan pewarna, obat, dupa dan parfum. 

 

Saat ini, program budidaya jernang tengah digalakkan salah satunya dilakukan di lahan milik Kelompok Tani Hutan (KTH) Bukik Ijau di Hutan Lindung Bukit Betabuh, Desa Air Buluh, kecamatan Kuantan Mudik, Kuantan Singingi. 

 

Lahan ini merupakan lahan pertama yang ada di desa Air Buluh dan telah ditanami jernang berbagai jenis sekitar 50 ha. Lahan ini telah digarap oleh KTH Bukik Ijau sejak 2016 lalu.

 

Ketua KTH Bukik Hijau, Hendriyanto menyebut lahan jernang ini selain dimaksudkan untuk menjaga alam juga memberi efek positif dari segi ekonomi kepada masyarakat. 

 

"Dengan menanam pohon jernang (didalam hutan) untuk menjaga rimba (hutan) tetap lestari, kami masyarakat juga terbantu disegi ekonomi kami” tegas Hendriyanto.  

 

Hendriyanto menjelaskan, niatan budidaya jernang ini bermula dari melihat deforestasi yang disebabkan para pembalak liar yang menebas tanaman untuk merambah hutan dan secara serampangan menebang pohon mengakibatkan pohon jernang yang tumbuh disekitar area penebangan, tertimpa dan tidak dapat menghasilkan buah. 


 

 

Budidaya Jernang yang Semakin Menjanjikan | Gallery Gayo

 

Jernang

 

Hendriyanto yang melihat hutan tempat dia dan warga lain mencari nafkah semakin rusak, berpikir tentang bagaimana bisa mencari rezeki sembari menjaga hutan. 

 

Bermula dari keresahan ini, ia mulai berpikir untuk membudidayakan jernang yang telah langka di dalam hutan yang mulai gundul dan di kebun-kebun milik warga.

 

Usaha KTH Bukik Hijau tak sia-sia, kini budidaya jernang mulai dilirik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau. Direncanakan, Kadis LHK Riau, Maamun Murod akan melakukan kunjungan dalam waktu dekat.  

 

Hendriyanto mengatakan, kunjungan pertama Kadis LHK ini selain meninjau lahan penanaman, ada visi kadis LHK untuk menjadikan jernang sebagai komoditas utama di provinsi Riau. Hal ini tentu disambut positif oleh seluruh anggota KTH. 

 

”Kami bersama dengan sejumlah kelompok kerja tani hutan yang ada di desa Air Buluh sangat antusias untuk menyukseskan acara ini (kunjungan Kadis LHK Riau),” ujar Hendriyanto.

 

Senada dengan Hendrianto, anggota KTH lain, Hartono juga antusias dengan kedatangan Kadis LHK Riau ke desa Air buluh. Dia berharap dengan kedatangan kadis LHK ke desa air buluh dapat membawa perubahan bagi usaha swadaya yang dilakukan masyarakat ini. 

 

 

"Kita membutuhkan dukungan dan bantuan pemerintah untuk mengoptimalkan pembibitan dan produksi jernang," ujar Hartono.