Kewalahan Tangani Pasien Covid-19, Syamsuar Minta RS Rekrut Nakes Baru

sayamsuar-nyiar.jpg
(defri)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Terus meningkatnya jumlah pasien positif covid-19 membuat tenaga dinas kesehatan kewalahan dalam menangani pasien.

Hal ini membuat Gubernur Riau, Syamsuar langsung menggelar rapat mendadak mengatasi hal ini dengan memerintahkan kepada puskesmas dan rumah sakit untuk melalukan perekrutran.

"Masing-masing dinas, baik itu puskesmas atau rumah sakit di tiap-tiap daerah melakukan perekrutran sendiri untuk tenaga medis bantuan," ucap Syamsuar kepada RIAUONLINE. CO.ID, Selasa, 15 September 2020.

Gubri juga menghimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik Kabupaten dan Kota memberikan pembekalan kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk menangani pasien baik itu isolasi di pukesmas atau isolasi mandiri.

"Jadi nantinya, setelah direkrut nakes diberi pembekalan agar bisa bekerja dan mampu melayani pasien isolasi dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap nantinya," pungkasnya.

Perlu diketahui, jumlah tenaga medis yang terbatas membuat Gubri khawatir akan puskesmas dan rumah sakit menangani pasien yang terus meningkat.

Sehingga, upaya masksimal terus ditingkatkan pihak Pemerintah Provinsi Riau dengan melakukan perekrutran tenaga medis bantuan.

Untuk syarat dan prosedurnya, Gubri menyerahkan langsung kepada Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten dan Kota