Sejumlah Pedagang Ketakutan, 258 warga Ikuti Swab massal di Pasar Bawah

swab-pasar.jpg
(Lukman)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kegiatan Swab massal dalam rangka HUT ke-63 Provinsi Riau diikuti oleh 258 pedagang dan pengunjung pasar bawah. Meskipun jumlah peserta cukup banyak, namun masih ada pedagang yang takut mengikuti kegiatan bakti sosial tersebut.

Menurut salah seorang pengelola Pasar Bawah, pihaknya hanya bisa mengimbau pedagang agar bisa mengikuti Swab massal yang digelar di sebelah utara gedung pasar bawah. Apalagi kegiatan tersebut gratis tanpa dipungut biaya.

"Prosesnya saya lihat juga tidak sampai 3 menit, pedagang sudah bisa berjualan kembali. Namun karena mungkin sebagian masih takut, mereka tidak mau datang ketempat pemeriksaan Swab," tuturnya tanpa menyebutkan nama.

Dari pantauan Riau Online, para pedagang maupun pengunjung yang akan mengikuti Swab terlebih dahulu diminta menunjukkan kartu pengenal. Sehingga para para petugas dari UPT Labor Diskes Riau dan analis kesehatan Diskes Kota Pekanbaru bisa mendata para peserta terlebih dahulu.

Setelah proses pengisian data tuntas petugas mengambil sampel Swab melalui lubang hidung kurang dari 30 detik. Para pedagang atau pengunjung yang tuntas mengikuti Swab diperbolehkan beraktivitas seperti biasa.

Kepala UPT Labor Diskes Provinsi Riau, Drg Jenita mengatakan jumlah pedagang dan pengunjung yang mengikuti proses Swab cukup banyak. Namun masih ada pedagang dan pengunjung yang tidak bersedia mengikuti proses Swab.

"Peserta yang ikut ada 258 setelah kami hitung. Sedangkan petugas yang diturunkan ada sebanyak 16 orang petugas kesehatan," jelasnya.