Cantik dan Berbakti, Erna Sapu Sampah di Jalanan Ringankan Tugas Sang Ibu

Erna-Widyastuti.jpg
(Facebook Humas & Protokol Setdakab Magetan)

RIAU ONLINE, SURABAYA-Seorang gadis penyapu jalan di jalan di Magetan, Jawa Timur, viral. Gadis yang bernama Erna Widyastuti ramai diperbincangkan karena pengabdiannya kepada sang ibu.

Foto-foto Erna Widyastuti, gadis muda penyapu jalan yang viral ini disebarkan oleh akun media sosial Humas & Protokol Setdakab Magetan pun viral. . Seperti dalam unggahan di Facebook-nya pada Sabtu 13 Juni 2020.

Erna berasal dari desa Tambakmas, Kecamatan Sukomoro. Gadis 25 tahun ini tidak malu menjadi penyapu jalan.

Ia melakukan pekerjaan itu demi membantu ibunya yang juga bekerja menyapu sampah-sampah di jalanan kota.

Ibu Erna, Sri Wahyuni bekerja pada Dinas Lingkungan Hidup sebagai penyapu sampah-sampah disepanjang jalan Sudirman sampai jalan Pandu.

Dalam foto yang beredar, Erna terlihat memakai kaus dan masker warna hitam. Ia mengenakan celana jins biru yang robek di bagian lutut.

Rambutnya yang berwarna pirang hanya diikat dengan penjepit. Sebuah jam melingkar di lengan kirinya.

Erna membawa tas kecil sambil menyapu daun-daun kering di pinggir trotoar menggunakan sapu lidi. Kakinya hanya beralaskan sandal jepit.

Sang ibu mengaku tidak pernah memaksa putrinya untuk membantu pekerjaannya.


"Saya juga ndak pernah nyuruh nyapu, tapi anaknya sendiri yang pengen membantu saya menyapu jalan", ucap Sri Wahyuni, dikutip Suara.com, Senin 15 Juni 2020.

Sementara itu, Erna juga mengaku tidak ada paksaan atau kepentingan lain. Ia hanya ingin membantu ibunya menyapu jalan agar pekerjaan itu cepat selesai.

"Ya saya ingin membantu ibu saya, biar cepat selesai pekerjaannya," kata Erna saat ditanya.

 

Erna Widyastuti, gadis muda penyapu jalan di Magetan, Jawa Timur yang viral (Facebook Humas & Protokol Setdakab Magetan)

 

Erna Widyastuti, gadis muda penyapu jalan yang viral bersama ibunya (Facebook Humas & Protokol Setdakab Magetan)


Pada foto-foto lain yang beredar di media sosial, terlihat Erna dan ibunya memunguti sampah. Mereka memasukkan daun-daun kering ke dalam karung plastik

Mereka melakukan pekerjaan ini setiap hari. Erna dan ibunya bekerja dengan 2 shift, shift pagi mulai dari jam 04.30-09.30, sedangkan shift siang mulai jam 11.30-16.30.

Baik Erna maupun ibunya tetap menerapkan protokol kesehatan saat bekerja. Keduanya memakai masker saat menyapu jalan.

Akun Humas & Protokol Setdakab Magetan pun memberikan komentar, "Usia muda adalah usia produktif, dimana diusia-usia ini banyak generasi muda yang senang berekspresi. Namun ajaran untuk berbakti kepada orang tua juga harus diutamakan, kita patut meneladani sikap tersebut, tidak malu dan tidak gengsi menjalani sebuah pekerjaan, selama pekerjaan itu baik dan positif."

Sementara itu, banyak warganet yang memuji sikap yang ditunjukkan Erna Widyastuti, gadis muda penyapu jalan yang viral di Facebook dan Instagram ini.

"Ambil nilai positif nya , intinya dia masih muda tapi gak malu membantu ortunya yang kerjanya nyapu jalan . Berani mengakui dan tidak gengsi , good job mbak," tulis Fitri Wahyuni.

"Ini emang patut dicontoh untuk kalangan anak muda jaman sekarang," tulis Katmi Pisang.

"Sudah cantik berbakti pula sama orang tua," komentar Dini Santoso. Artikel ini sudah tebrit di Suara.com