Pilkada Serentak, PKB Riau Tentukan Pilihan Calon Kepala Daerah Secara Rasional

wahid.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan akan mengutamakan rasionalitas dalam menentukan pilihannya dalam Pilkada serentak di 9 daerah se-Provinsi Riau.

Ketua DPW PKB Riau, Abdul Wahid, mengatakan, saat ini sejumlah nama sudah dikirim oleh DPW PKB Riau ke DPP PKB untuk selanjutnya diambil keputusan final siapa yang akan diusung oleh PKB.

"Banyak nama yang kita kirim, tapi dia kan di survey dulu, kalau dah keluar hasilnya, baru kita melakukan komunikasi, kalau surveynya bagus kita panggil dia ke DPW. Karena itu tandanya dia menjanjikan," kata Anggota DPR RI dapil Riau 2 ini, Selasa, 16 Juni 2020.

Dijelaskan Wahid, hasil survey adalah indikator yang paling kuat dalam rasionalitas. Pasalnya, hanya hasil survey yang bisa memberikan gambaran awal dalam suatu proses Pemilu.

"Kita dalam politik kan harus rasional. Rasionalitas itu artinya kita memilih karena ada dasarnya, kalau kita berangkat dari standar ukurnya, yang paling mendekati kepercayaan sangat besar itu adalah survey," jelas Wahid.

Selain survey, PKB juga akan mempertanyakan strategi apa yang disiapkan oleh para calon ini, karena dalam berpolitik strategi merupakan faktor yang juga sangat menentukan.

Terakhir, PKB juga akan mempertimbangkan kemampuan si calon, mulai dari jaringan hingga kemampuan finansial.

"Tapi kemungkinan-kemungkinan masih ada, tapi kita menimbang rasionalitas. Mungkin dia uangnya terbtas, tapi popularitas dan elektabilitasnya menjanjikan, itu akan menjadi dasar untuk memberikan rekom," tutupnya.