Stok Blangko e-KTP di Kuansing Kembali Menipis, Cuma Bertahan Sepekan Ini

capil-kuansing.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Stok blangko KTP Elektronik (e-KTP) di Kabupaten Kuansing, Riau kembali menipis. Stok blangko hanya tinggal sekitar 500 keping, pada Selasa, 16 Juni 2020.

"Paling ini bisa bertahan satu minggu ini," kata Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuansing, M Reffendi Zukman, Selasa siang.

Menipisnya stok blangko cetak e-KTP membuat Disdukcapil Kuansing harus membatasi proses cetak e-KTP. "Terpaksa kita batasi, kalau biasanya 20-250 keping kita cetak setiap hari, mungkin minggu ini setiap hari kita cetak 30 keping saja," ujar mantan Camat Kuantan Tengah ini.

Reffendi berharap, semoga blangko yang sudah dipesan sebelumnya segera bisa datang. "Sudah disetujui kemarin 6 ribu keping, tapi belum datang," katanya.

Untuk pengiriman, Disdukcapil Kuansing melakukan kerjasama dengan kantor perwakilan Provinsi Riau yang ada di Jakarta untuk mengirim blangko e-KTP tersebut.

"Kita tidak bisa berangkat, maka kita minta bantu kantor perwakilan Riau di Jakarta untuk mengirim ke Pekanbaru, nanti kalau sampai kita jemput di Pekanbaru," katanya.

Setiap hari, kata Reffendi, kebutuhan blangko e-KTP untuk warga Kuansing bisa mencapai 300-400 keping. Karena peralatan terbatas, maka maksimal hanya bisa 250 keping perhari.

"Sekarang banyak yang ngurus KTP, rata-rata mereka yang sudah berumur 17 tahun sudah tamat sekolah. Biasanya setiap hari itu kita cetak 202-250 keping," katanya.

Karena blangko menipis, katanya, maka proses cetak e-KTP juga dibatasi sampai blangko tambahan datang. "Kalau 6 ribu keping itu bisa tahan satu bulan," pungkasnya.