Lima Pasien Covid-19 Bengkalis Dalam Kondisi Baik

data-covid.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Lima pasien positif Covid-19 Bengkalis yang dirawat di ruang isolasi terus membaik. Namun tim medis saat ini masih menunggu hasil swab ke lima pasien keluar.

"Kondisi mereka sejauh ini sangat baik, kita tinggal menunggu hasil swab terakhirnya. Mudah-mudahan negatif dan bisa di pulangkan," kata, Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis Ersan Saputra.

Menurut dia, pasien yang dirawat merupakan klaster magetan. Para pasien sudah dirawat sejak beberapa pekan lalu.

Pasca PSBB di Bengkalis berakhir, sudah tidak ada tambahan kasus positif baru dari Bengkalis.
Dinas Kesehatan mengakui Untuk memastikan tidak ada lagi kasus postif baru memang sulit, namun antisipasi agar kasus positif tidak diharapkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.


"Dengan new normal yang akan diberlakukan saat ini kita mengimbau masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah. Jika keluar rumah dan berada di tempat umum selalu menjaga jarak dan pakai masker," tambah Ersan.

Menurut Ersan, protokol kesehatan saat ini tidak lagi sebatas imbauan pemerintah saja. Tetapi juga sudah menjadi protokol dari Kemenkes dalam penerapan new normal.

Dinas Kesehatan Bengkalis juga berencana akan melakukan rapid test masal terhadap masyarakat Bengkalis. Namun saat ini masih disusun dan memetakan daerah yang akan dilakukan rapid test masal.

"Jadi untuk rapid test masal, namun kita masih menyusun rencana kita ini. Selain itu kita juga petakan mana daerah yang rawan," tambah Ersan.

Menurut Ersan, pihaknya menargetkan upaya rapid test masal ini bisa terlaksana dalam pekan depan. Sehingga hasilnya bisa ditindaklanjuti dengan segera.

"Kalau ada yang reaktif hasil rapid test nanti akan langsung kita lakukan swab," tandasnya.